Mengenal Channel Manager Dan Bedanya Dengan PMS Hotel

Mengenal Channel Manager Dan Bedanya Dengan PMS Hotel
Mengelola hotel yang terdaftar di lebih dari satu Online Travel Agent (OTA), terkadang tentu cukup ribet dan mengambil waktu.
Terlebih lagi anda harus mengupdate harga dan ketersediaan kamar satu per satu di setiap OTA.
Maka dari itu, anda perlu menggunakan Channel Manager untuk solusi permasalahan ini. Apabila anda belum familiar dengan Channel Manager, mari kita bahas lebih lanjut di bawah ini.
Apa Itu Channel Manager?

Channel manager adalah sistem yang dirancang untuk mempermudah proses distribusi harga dan ketersediaan kamar baik melalui website resmi hotel maupun Online Travel Agent (OTA).
Sistem channel manager umumnya dapat terhubung dengan Property Management System (PMS) dan Online Travel Agent (OTA).
Sehingga, anda tidak perlu lagi memperbarui harga atau ketersediaan kamar pada situs hotel dan di setiap OTA seperti Agoda, Booking.com, Expedia, dan Traveloka.
Anda cukup merubahnya di dashboard saja yang sudah disediakan, maka otomatis akan berubah di channel distribusi lainnya yang sudah terhubung.
Apa Perbedaan Channel Manager dan PMS Hotel?

Perbedaan diantara channel manager dan Property Management System (PMS) terletak pada fokus dan tujuannya.
Perbedaan Channel Manager dan PMS Hotel | ||
Perbedaan | Channel Manager | PMS Hotel |
Fokus | Berfokus pada manajemen distribusi dan pemasaran online. | Lebih berfokus pada pengelolaan operasi hotel secara keseluruhan. |
Tujuan | Membantu hotel untuk memaksimalkan pemasaran melalui berbagai platform online | Memastikan operasi harian berjalan dengan lancar mulai dari pemesanan hingga check out tamu. |
Mengapa Channel Manager Penting Bagi Hotel?

Pengelolaan Inventaris dan Harga Kamar Yang Lebih Efisien
Mengelola harga kamar dan ketersediaan kamar di berbagai platform OTA secara manual tentu akan sangat membutuhkan waktu yang lama.
Selain itu, besar kemungkinan juga terjadi risiko kesalahan input apabila tidak teliti.
Dengan channel manager, proses pengelolaan akan jauh lebih mudah karena anda cukup memperbarui data melalui satu dashboard saja.
Mencegah Terjadinya Masalah Double Booking
Double Booking merupakan keadaan dimana kamar yang sama dijual kepada dua tamu yang berbeda dalam waktu bersamaan.
Masalah ini sering terjadi apabila kamar didistribusikan di lebih dari satu OTA.
Contoh kasus, ada sebuah kamar baru saja dipesan di suatu Platform OTA. Karena lupa diupdate informasi ketersediaannya, kamar tersebut dipesan lagi oleh tamu lain di Platform lainnya.
Dalam kasus ini, sistem channel manager dapat mengupdate secara otomatis ketersediaan kamar di semua platform OTA yang dipakai.
Membantu Mengoptimalkan Pendapatan
Dengan fitur dynamic pricing, ini dapat membantu anda mengubah harga berdasarkan penawaran dan permintaan pasar untuk mengoptimalkan pendapatan.
Fitur ini memungkinkan anda untuk menyesuaikan harga pada periode high season (musim ramai) atau low season (musim sepi).
Membantu Analisis Data
Sebagian besar Channel Manager ini sudah dilengkapi dengan data insight.
Dimana nantinya anda dapat mengetahui performa seperti harga dan mana harga channel distribusi dengan pemesanan terbanyak.
Wawasan ini akan membantu anda sebagai pengelola hotel dalam pengambilan keputusan khususnya dalam strategi harga, promosi, atau pemasaran.
Bagaimana Channel Manager Membantu Pengelolaan Hotel?

Sebagai contoh kasus sederhana, hotel anda mempunyai 30 kamar yang siap untuk direservasi.
Dalam pendistribusiannya, hotel anda terdaftar di 5 Platform Online Travel Agent (OTA) yaitu Agoda, Airbnb, Booking.com, Expedia, dan Traveloka.
Pada suatu hari anda mendapatkan satu revervasi pada Booking.com untuk kamar nomor 108 untuk 3 hari kedepan.
Dalam hal ini, katakanlah anda sudah melakukan update satu per satu ketersediaan kamar di semua Platform OTA kecuali di Traveloka, bahwa kamar nomor 108 ini sudah dipesan.
Beberapa jam kemudian, anda mendapat reservasi pada Traveloka untuk kamar nomor 108 di waktu yang bersamaan dengan di Booking.com.
Karena status ketersediaan kamar 108 terakhir belum terupdate di Traveloka, maka sistem tentu akan menyetujui reservasi ini dan terjadilah masalah double booking, dimana kamar 108 dipesan oleh 2 orang tamu berbeda dalam waktu yang bersamaan.
Masalah ini pastinya dapat membuat salah satu tamu anda menjadi kecewa. Hal yang parah lagi, ini dapat merusak reputasi hotel anda karena tidak terlihat professional.
Untuk meminimalisir terjadi permasalahan seperti ini lagi, anda dapat menggunakan Channel Manager untuk memudahkan pengelolaan hotel di semua platform OTA.
Bagaimana Langkah Memilih Channel Manager Yang Tepat?

Dalam memilih channel manager untuk hotel, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan diantaranya adalah sebagai berikut.
Identifikasi Kebutuhan Hotel Anda
Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan hotel anda seperti besar properti anda, jumlah kamar, dan jumlah channel distribusi yang dipakai.
Dengan mengetahui kebutuhan anda secara spesifik, anda dapat lebih mudah di dalam menentukan channel manager yang tepat.
Pastikan Dapat Terintegrasi Dengan Sistem Yang Dipakai
Pastikan channel manager yang anda pilih dapat terintegrasi dengan sistem yang sudah hotel anda pakai baik itu Property Management System, Payment, dan laporan keuangan (apabila ada).
Kompatibel Dengan Saluran Distribusi
Selain dapat teintegrasi dengan sistem yang ada, penting juga untuk anda memastikan channel manager yang dipilih kompatibel (didukung) dengan saluran distribusi yang anda pakai.
Saluran distribusi yang dimaksud yaitu Online Travel Agent (OTA) seperti Agoda, Booking.com, Expedia, Traveloka, dan lain sebagainya.
Mudah Untuk Digunakan
Pilihlah channel manager yang user-friendly atau mudah untuk digunakan agar staff anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara penggunaannya.
Channel manager yang mudah digunakan mengacu pada platform dengan antarmuka yang intuitif serta dibekali fitur-fitur yang mudah diakses.
Memiliki Tim Support Yang Responsif
Pastikan channel manager yang anda pilih memiliki tim support yang responsif. Hal ini sangat penting apabila terjadi masalah-masalah teknis tertentu, anda bisa cepat mendapatkan solusi.
Dengan menemukan layanan channel manager yang tepat akan membantu anda dalam pengelolaan hotel di setiap channel distribusi.
Apabila anda sedang mencari Channel Manager untuk hotel, anda dapat konsultasi dengan GuestPro melalui kontak Whatsapp.