Pentingnya Report Aging Dalam Pengelolaan Utang dan Piutang

Pentingnya Report Aging Dalam Pengelolaan Utang dan Piutang
Blog

Pentingnya Report Aging Dalam Pengelolaan Utang dan Piutang

Report aging adalah laporan yang menunjukkan jumlah piutang (hutang) yang harus dibayarkan oleh pelanggan atau debitor pada tanggal tertentu. Laporan ini biasanya dibuat oleh perusahaan yang menjual produk atau jasa kepada pelanggan dengan sistem kredit atau pembayaran di kemudian hari.

 

Report Aging terbagi menjadi dua yaitu Account Payable Aging dan Account Receivable Aging. Report Aging adalah report yang menampilkan umur utang dan piutang serta tanggal jatuh tempo nya. Perlu diketahui bahwa keterlambatan pembayaran dapat mengganggu arus kas perusahaan. Dengan adanya Aging Report kita dapat mengetahui umur dari setiap utang dan piutang yang ada. Dengan informasi tersebut kita dapat menentukan berapa lama kita bisa memberikan batas waktu pembayaran yang masih tertunda, biasanya dibagi menjadi beberapa kategori, misalnya 0-30 hari, 31-60 hari, 61-90 hari, dan seterusnya. Laporan ini bisa membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggan yang memiliki hutang yang belum dibayarkan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menagih piutang tersebut.

 

Selain itu, report aging juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi tren dalam pembayaran pelanggan dan mengambil tindakan preventif untuk mengurangi risiko terjadinya piutang yang tidak terbayarkan.

Pentingnya Report Aging Dalam Pengelolaan Utang dan Piutang

Sumber Unsplash

Misalnya, perusahaan dapat memperluas jangka waktu pembayaran untuk pelanggan yang teridentifikasi memiliki risiko tinggi untuk tidak membayar piutang, atau menetapkan batas kredit yang lebih rendah untuk pelanggan dengan histori pembayaran yang buruk.

Baca juga:  11 Jenis Kamar Hotel Dan Fasilitas Yang Tersedia Di Dalamnya

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian