City Ledger: Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaan

City Ledger
Blog

City Ledger: Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaan

Dalam dunia perhotelan, pastinya anda akan sering mendengar istilah “City Ledger”. City Ledger adalah salah satu elemen penting dalam manajemen keuangan di suatu hotel.

Pada blog ini, kita akan secara khusus membahas mengenai city ledger dalam perhotelan, Untuk lebih detailnya, anda bisa langsung scroll ke bawah.

Pengertian City Ledger

Pengertian City Ledger
Pengertian City Ledger – sumber: www.pexels.com

Kita mulai dari pengertian, secara sederhana, city ledger adalah kumpulan rekening buku tamu. Sedangkan secara lebih luasnya, city ledger ini merupakan metode pembayaran hotel ketika tamu sudah melakukan proces check out.

City Ledger ini juga bisa dikatakan menjadi pembayaran yang dilakukan oleh setiap tamu melalui mitra. Metode pembayaran ini dilakukan di akhir sehingga hotel bisa menyelesaikan segala kebutuhan penting lainnya terlebih dahulu.

Fungsi City Ledger

Fungsi City Ledger
Fungsi City Ledger – sumber: www.pexels.com

Seperti halnya dengan metode pembayaran yang lain, city ledger ini juga memiliki fungsi sendiri yaitu memudahkan para tamu di dalam melakukan pembayaran. Sebagi contohnya, tamu dapat menyelesaikan pembayaran ketika mereka check out.

Selain itu, metode pembayaran ini juga lebih terjamin keamanannya dibandingkan dengan metode pembayaran di hotel (Pay at Hotel).

Misalnya, anda melakukan penjualan kamar hotel melalui mitra OTA (Online Travel Agent) seperti Agoda atau Tiket.com.

Dengan menggunakan City Ledger ini, anda memiliki jaminan bahkan bila tamu akhirnya tidak datang. Dalam hal ini, pembayaran city ledger mengartikan tamu sudah membayar kepada mitra. Sedangkan, anda sebagai pihak hotel memiliki Piutang dari mitra tersebut.

Baca juga:  Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Night Audit

Selanjutnya, mitra ini akan membayar hutang tersebut kepada anda sesuai dengan perjanjian dan Kerjasama yang telah disepakati.

Tidak hanya itu, metode pembayaran ini juga dapat meminimalisir terjadinya kecurangan di dalam hotel. Sebab, setiap pembayaran dari tamu-tamu akan langsung masuk pada rekening milik hotel. Sehingga, bila ada kecurangan akan terlihat jelas sehingga akan menjadi aman untuk hotel.

Cara Penggunaan City Ledger

Cara Penggunaan City Ledger
Cara Penggunaan City Ledger – sumber: www.pexels.com

Mengenai cara penggunaan metode pembayaran ini cukup sederhana. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa city ledger ini bisa dikatakan sebaga rekening piutang hotel dimana pembayarannya berupa kartu kredit atau perusahaan yang bermitra.

Dalam penggunaannya, terdapat beberapa kondisi-kondisi yang harus dipenuhi. Sebagai contoh: tamu hotel tidak menyelesaikan pembayaran secara tunai, melainkan melalui kartu kredit atau dibebankan kepada perusahaan mitra.

Manfaat City Ledger Dalam Industri Perhotelan

Manfaat City Ledger Dalam Industri Perhotelan
Manfaat City Ledger – sumber: www.pexels.com

Berikut ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tamu ataupun pihak hotel melalui metode pembayaran city ledger ini.

Memberikan Kemudahan Pembayaran Kepada Tamu

City Ledger akan memberikan fleksibilitas kepada tamu untuk membayar secara kredit. Ini berarti mereka dalam melakukan pembayaran dengan jangka waktu yang lebih panjang atau jumlah tertentu dalam sebulannya.

Hotel Dapat Membangun Hubungan Dengan Tamu

City Ledger memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang lebih erat antara hotel dan tamu.

Dengan memberikan fasilitas kredit, hotel menunjukkan kepercayaan dan komitmen mereka dalam menjalin hubungan yang saling menguntungkan. Ini dapat meningkatkan loyalitas tamu hotel dan memperkuat ikatan bisnis jangka panjang.

Pencatatan Transaksi Yang Akurat

City Ledger mencatat seluruh transaksi kredit antara hotel dan pelanggan. Ini memastikan bahwa semua transaksi sudah tercatat dengan baik dan memberikan kejelasan dalam proses penagihan.

Baca juga:  11 Jenis Kamar Hotel Dan Fasilitas Yang Tersedia Di Dalamnya

Selain itu, hotel nantinya dapat dengan mudah melacak pembayaran yang telah dilakukan serta mengetahui tagihan yang masih harus diselesaikan.

Manajemen Keuangan yang Efisien

Dengan city ledger, hotel dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien. Mereka dapat merencanakan jadwal penagihan yang tepat, mengirimkan faktur atau pernyataan tagihan kepada pelanggan, dan secara proaktif melacak pembayaran yang tertunggak.

Dalam hal ini, pihak hotel akan lebih mudah di dalam mengoptimalkan aliran kas mereka dan menghindari masalah keuangan.

Laporan Keuangan Yang Lebih Akurat

City Ledger menyediakan data yang diperlukan untuk menyusun laporan keuangan yang akurat. Hotel dapat menganalisis aliran kas, mengevaluasi kinerja keuangan, dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Informasi yang terdokumentasi dengan baik dalam City Ledger memberikan wawasan berharga dalam pengelolaan keuangan.

Demikianlah pembahasan mengenai city ledger ini. Bila anda sedang mencari sistem manajamen yang handal untuk mempermudah pengelolaan bisnis hotel anda, maka GuestPro dapat menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Silahkan konsultasi gratis dengan kami melalui Whatsapp.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian