Memaksimalkan Penggunaan Metasearch Engine Untuk Hotel Anda

Hotel Metasearch Engine
Blog

Memaksimalkan Penggunaan Metasearch Engine Untuk Hotel Anda

Hotel metasearch engine telah menjadi alat penting saat ini bagi industri perhotelan dalam meningkatkan visibilitas dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Dalam blog ini, kita akan membahas mengenai hotel metasearch engine yang terdiri dari pengertian, contoh, cara kerja, dan bagaimana cara memaksimalkannya.

Apa Itu Hotel Metasearch Engine?

Tamu Hotel Menikmati Breakfast
Tamu Hotel Menikmati Breakfast

Hotel Metasearch Engine adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk mencari, membandingkan, dan memesan kamar hotel dari berbagai sumber seperti Online Travel Agent (OTA), situs resmi hotel, atau situs-situs lainnya, dalam satu halaman hasil pencarian.

Metasearch engine tidak menyediakan layanan pemesanan langsung, tetapi mengarahkan pengguna ke sumber yang menyediakan layanan pemesanan.

Dengan kata lain, metasearch engine ini berfungsi sebagai agregator yang menampilkan harga dan ketersediaan kamar dari berbagai sumber dan membandingkannya untuk memberikan informasi yang paling relevan dan terjangkau bagi pengguna.

Platform ini telah menjadi salah satu saluran distribusi yang paling efektif untuk hotel karena memberikan kesempatan bagi pengguna untuk menemukan harga terbaik dalam waktu singkat.

Di sisi lain, hotel dapat menampilkan inventaris mereka di berbagai platform, meningkatkan visibilitas, dan mendapatkan lebih banyak pemesanan.

Apa Contoh-Contoh Metasearch Engine?

  1. Google Hotel Ads
  2. Trivago
  3. Kayak
  4. TripAdvisor
  5. Skyscanner

Bagaimana Cara Kerja Metasearch Engine?

Layanan Room Service Di Hotel
Layanan Room Service Di Hotel

Pencarian Oleh Pengguna

    Pengguna mengunjungi situs metasearch engine dan memasukkan detail pencarian.

    Baca juga:  Menelusuri Arti Downtown Hotel Hingga Strategi Pemasarannya

    Misalnya pencarian lokasi hotel, tanggal check-in dan check-out, jumlah tamu, serta jenis kamar yang diinginkan.

    Pengambilan Data Dari Berbagai Sumber

      Setelah detail pencarian dimasukkan, metasearch engine mengakses berbagai situs pemesanan, OTA, dan situs resmi hotel yang terkait untuk mengumpulkan informasi harga dan ketersediaan kamar yang relevan dengan kriteria pencarian pengguna.

      Perbandingan Harga

        Metasearch engine kemudian menampilkan hasil pencarian berupa daftar hotel dengan harga yang diurutkan dari berbagai sumber.

        Sehingga, pengguna dapat membandingkan harga untuk memilih opsi terbaik.

        Pengalihan ke Situs Pemesanan

          Ketika pengguna memutuskan untuk memesan hotel, mereka akan diarahkan ke situs sumber (OTA atau situs resmi hotel) untuk menyelesaikan pemesanan dan melakukan pembayaran.

          Metasearch engine ini tidak melakukan proses pemesanan secara langsung, tetapi bertindak sebagai saluran yang mengarahkan pengguna ke platform yang menyelenggarakan transaksi.

          Dengan demikian, hotel metasearch engine menjadi jembatan antara pengguna dan berbagai platform distribusi hotel.

          Bagaimana Memaksimalkan Metasearch Engine Untuk Bisnis Hotel?

          Hotel Dengan Fasilitas Pool
          Hotel Dengan Fasilitas Pool

          Mengoptimalkan Harga Yang Kompetitif

            Pastikan harga yang ditampilkan di metasearch kompetitif dan konsisten dengan yang ada di situs OTA dan situs resmi hotel.

            Menawarkan diskon khusus atau insentif tambahan untuk pemesanan langsung seperti free breakfast atau late check-out dapat menarik pengguna untuk memilih situs resmi.

            Partisipasi Dalam Metasearch Lainnya

              Hotel harus aktif berpartisipasi dalam beberapa platform metasearch seperti Google Hotel Ads, Trivago, Kayak, dan lainnya untuk meningkatkan visibilitas.

              Dengan tampil di beberapa platform sekaligus, hotel memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian pengguna di berbagai tahap perjalanan mereka.

              Optimalkan Website Dan Pemesanan Yang Mudah

                Pastikan bahwa website hotel ramah pengguna dan mudah diakses dari berbagai perangkat.

                Baca juga:  Pengertian Walk in Guest Di Hotel Dan Prosedur Pelayanannya

                Proses pemesanan harus sederhana, cepat, dan dilengkapi dengan opsi pembayaran yang beragam. Sehingga, pengguna yang diarahkan dari metasearch lebih cenderung menyelesaikan transaksi di situs resmi.

                Kelola Review Dan Reputasi Online

                  Ulasan positif memainkan peran penting dalam keputusan pengguna saat membandingkan hotel.

                  Pastikan reputasi online hotel terjaga dengan merespon ulasan dan memperbaiki masalah layanan.

                  Metasearch sering menampilkan ulasan langsung di halaman pencarian, sehingga ulasan yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan konversi.

                  Manfaatkan Iklan Berbayar

                    Untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian metasearch, hotel dapat menggunakan iklan berbayar.

                    Dengan memanfaatkan program iklan PPC (Pay-Per-Click) yang ditawarkan oleh metasearch engine, hotel dapat memperoleh posisi yang lebih terlihat, yang dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan direct booking.

                    Analisis Data Dari Metasearch

                      Menggunakan data yang tersedia dari metasearch engine untuk memahami perilaku pelanggan, pola pemesanan, dan asal pengunjung sangat penting.

                      Dengan menganalisis data tersebut, hotel dapat menyesuaikan strategi pemasaran, harga, dan penawaran khusus untuk meningkatkan konversi dan pemesanan langsung.

                      Dengan pemahaman yang baik tentang metasearch engine, hotel dapat memanfaatkan platform  ini untuk meningkatkan visibilitas hingga meningkatkan peluang pemesanan kamar.

                      Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

                        id_IDIndonesian