7 Cara Menjalankan Hotel Advertising Dengan Efektif

Hotel Advertising
Blog

7 Cara Menjalankan Hotel Advertising Dengan Efektif

Hotel advertising atau iklan hotel adalah salah satu komponen penting dalam industri perhotelan untuk menarik tamu potensial dan memaksimalkan occupancy (tingkat hunian).

Iklan ini memainkan peran utama dalam menciptakan brand awareness (kesadaran merek), memperkenalkan fasilitas, serta membedakan hotel dari kompetitor.

Pengertian Hotel Advertising

Pengertian Hotel Advertising
Pengertian Hotel Advertising

Hotel advertising adalah segala bentuk promosi yang dilakukan oleh hotel baik itu melalui media cetak, digital, atau lainnya.

Saat ini, metode periklanan telah berkembang dengan munculnya banyak platform-platform online seperti sosial media dan online travel agent (OTA).

Hal ini memungkinkan hotel menjangkau audiens yang lebih luas hingga pasar internasional.

Manfaat Menjalankan Advertising Bagi Hotel

Staff Hotel Menyapa Tamu
Staff Hotel Menyapa Tamu

Meningkatkan Brand Awareness

Iklan yang efektif dapat memperkenalkan hotel kepada audiens baru, baik lokal maupun internasional, meningkatkan visibilitas dan potensi hunian.

Mendatangkan Tamu Potensial

Dengan iklan yang terarah, hotel dapat menjangkau pasar target secara lebih spesifik. Sehingga, ini akan berpeluang untuk meningkatkan jumlah reservasi dan tingkat hunian.

Meningkatkan Penjualan Dan Pendapatan

Iklan yang dirancang dengan baik dapat mempromosikan penawaran khusus, diskon, atau paket tertentu yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan hotel.

Membangun Brand Image

Iklan membantu menciptakan dan memperkuat brand image (citra merek hotel).

Baca juga:  Cara Meningkatkan Pendapatan Hotel Dari Room Service

Melalui pesan yang konsisten dan strategi yang tepat, hotel dapat membedakan dirinya dari kompetitor dan dikenal karena keunikan serta kualitas layanannya.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Iklan tidak hanya berfokus pada pelanggan baru, tetapi juga dapat menjaga hubungan dengan pelanggan lama melalui marketing campaign yang berkelanjutan.

Misalnya, melalui email marketing yang menawarkan promosi eksklusif untuk pelanggan setia.

Jenis-Jenis Hotel Advertising

Staff Housekeeping Sedang Melakukan Making Bed
Staff Housekeeping Sedang Melakukan Making Bed

Commercials/Broadcast Advertising

Ini mencakup iklan yang disiarkan pada televisi atau radio.

Salah satu metode iklan tradisional yang dulunya sering digunakan untuk menjangkau audiens luas terutama untuk hotel-hotel besar atau jaringan internasional.

Print Ads

Ini mencakup segala bentuk periklanan yang dipublikasikan dalam media cetak seperti majalah, surat kabar, brosur, katalog, dan pamflet.

Meskipun popularitas media cetak menurun di era digital, beberapa hotel masih menggunakan iklan cetak untuk target pasar tertentu.

Sebagai contohnya, pelanggan senior atau tamu bisnis yang cenderung menggunakan sumber tradisional untuk mencari informasi.

Online Advertising

Ini mencakup semua bentuk promosi yang dilakukan melalui internet seperti media sosial, online travel agent (OTA), metasearch, dan lain sebagainya.

Jenis iklan ini paling populer di era digital karena kemampuannya untuk menjangkau audiens global dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan metode tradisional.

Outdoor Ads

Ini mencakup bentuk periklanan yang ditempatkan di luar ruangan, seperti billboard, baliho, atau iklan di tempat-tempat umum (misalnya, di bandara, stasiun kereta, halte bus).

Iklan ini sangat efektif untuk menjangkau pelancong yang sedang berada dalam perjalanan atau mempertimbangkan akomodasi secara mendadak.

Cara Melakukan Hotel Advertising Secara Efektif

Hotel Di Atas Tebing Pantai
Hotel Di Atas Tebing Pantai

Menentukan Target Pasar Yang Jelas

Sebelum membuat iklan, penting bagi anda untuk memahami audiens hotel anda. Apakah hotel ditargetkan untuk family, pasangan honeymoon, pelancong bisnis, atau backpacker?

Baca juga:  Mengenal Room Allocation Hotel Serta Manfaat Dan Prosesnya

Setiap segmen memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda, sehingga iklan harus disesuaikan dengan karakteristik tersebut.

Mengoptimalkan Website

Saat ini, media yang populer digunakan oleh hotel untuk melakukan promosi adalah website dan mengiklankan melalui mesin pencari (Google Ads).

Dalam hal ini, website harus didesain dengan cepat dan ramah pengguna (user-friendly).

Calon tamu seringkali mencari hotel melalui mesin pencari, sehingga penting untuk muncul di bagian atas dari hasil pencarian.

Dalam website hotel, anda dapat menambahkan informasi-informasi terupdate mengenai fasilitas, harga kamar, kontak, dan ulasan-ulasan tamu sebelumnya.

Selain itu, pastikan anda juga menambahkan gambar atau video yang berkualitas mengenai hotel anda agar website dapat terlihat lebih menarik.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dan menampilkan keunikan hotel.

Dengan konten visual yang menarik, seperti foto kamar hotel, video tur virtual, atau ulasan tamu, hotel dapat menarik lebih banyak audiens.

Selain itu, hotel dapat menggunakan fitur iklan berbayar di media sosial untuk menjangkau lebih banyak calon tamu seperti Instagram Ads.

Menggunakan Remarketing

Remarketing adalah teknik menampilkan iklan kepada calon tamu yang sudah pernah mengunjungi website hotel atau berinteraksi dengan konten mereka sebelumnya.

Ini dapat meningkatkan peluang hotel conversion karena iklan ditargetkan kepada orang-orang yang sudah tertarik dengan hotel.

Menyediakan Penawaran Khusus

Iklan yang mempromosikan penawaran spesial, seperti diskon untuk pemesanan awal atau paket honeymoon, dapat menarik perhatian lebih banyak calon tamu.

Pastikan promosi ini disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik.

Kolaborasi Dengan OTA (Online Travel Agent)

Bekerja sama dengan agen perjalanan online seperti Booking.com, Expedia, atau Agoda dapat memberikan jangkauan yang lebih luas, terutama apabila anda menargetkan tamu internasional.

Baca juga:  Hotel Distribution Channels: Jangkau Lebih Banyak Calon Tamu

Kolaborasi dengan OTA juga dapat memperkuat kehadiran hotel di platform pencarian mereka.

Menggunakan UGC (User Generated Content)

User Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat dan dibagikan oleh tamu yang berupa foto, video, ulasan, atau postingan media sosial, yang secara sukarela dihasilkan dan sering digunakan oleh perusahaan untuk promosi.

Dengan menggunakan konten ini, anda dapat meningkatkan kredibilitas iklan hotel anda di mata tamu.

Demikianlah pembahasan blog ini. Dengan memahami ini, anda dapat menerapkan strategi yang efektif untuk menjalankan advertising di hotel anda.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    id_IDIndonesian