Pengertian Direct Booking Dan Penerapannya Dalam Perhotelan

Direct Booking
Blog

Pengertian Direct Booking Dan Penerapannya Dalam Perhotelan

Ketika bekecimpung di dunia perhotelan, tentu akan ada banyak sekali istilah-istilah unik yang akan kita temui, salah satunya seperti direct booking. Istilah ini mengacu pada proses pemesanan kamar yang dilakukan tamu.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut, berikut kita akan bahas mengenai pengertian, penerapan, manfaat dan cara meningkatkan direct booking ini.

Pengertian Direct Booking

Pengertian Direct Booking
Sumber: www.pexels.com

Direct booking merupakan proses pemesanan kamar secara langsung melalui website atau aplikasi hotel, tanpa melalui platform pihak ketiga seperti Online Travel Agent (OTA) atau agensi perjalanan.

Dengan kata lain, direct booking bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran dan penjualan yang memungkinkan hotel untuk mengendalikan pemesanan langsung dari pelanggan tanpa biaya komisi terhadap perantara pihak ketiga.

Penerapannya Dalam Bisnis Hotel

Penerapan Pemesanan Langsung
Penerapan Pemesanan Langsung – Sumber: www.pexels.com

Dalam penerapannya, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan hotel seperti dengan menyediakan pemesanan praktis melalui Whatsapp atau pemesanan melalui website.

Khusus untuk direct booking melalui website, itu biasanya menggunakan sistem yang bernama hotel booking engine. Sistem ini biasanya diaplikasikan dalam website hotel, dimana nantinya tamu dapat memesan kamar secara langsung melalui website.

Manfaat Penerapan

Manfaat Pemesanan Langsung
Manfaat Pemesanan Langsung – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa manfaat penerapan sistem pemesanan langsung.

Mengurangi Ketergantungan Pada OTA

Direct booking membantu hotel mengurangi ketergantungan pada Online Travel Agent (OTA) yang sering kali membebankan biaya komisi yang tinggi.

Baca juga:  9 Peralatan Front Office Yang Umum Digunakan Pada Hotel

Tidak adanya biaya komisi ini membuat hotel dapat mempertahankan sebagian besar pendapatan per kamar.

Menjaga Keuntungan Finansial

Pemesanan langsung cenderung menghasilkan margin keuntungan yang lebih tinggi karena hotel tidak perlu membayar komisi kepada pihak ketiga.

Mendapatkan Kontrol Lebih Besar

Hotel akan memiliki kendali lebih besar dalam hal kebijakan harga, penawaran khusus, dan kondisi pemesanan dibandingkan.

Hal ini memungkinkan untuk penyesuaian fleksibel sesuai dengan strategi pemasaran dan kondisi pasar.

Cara Meningkatkan Direct Booking

Strategi Marketing Hotel Online
Strategi Marketing Hotel Online – Sumber: www.pexels.com

Untuk meningkatkan direct booking melalui website, hotel dapat mengambil berapa langkah-langkah sebagai berikut.

Memperbaiki UI dan UX Website Hotel

UI (User Interface) ini mengacu pada tampilan website sementara UX (User Experience) mengacu pada pengalaman pengguna ketika berkunjung website.

Perbaiki tampilan website agar menarik untuk dilihat serta mudah digunakan. Ini akan meningkatkan peluang lebih banyak mendapatkan direct booking.

Menyediakan Informasi Yang Akurat Dan Berkualitas

Selanjutnya dengan menyediakan informasi yang akurat dan berkualitas. Informasi-informasi ini dapat meliputi fasilitas atau layanan yang disediakan hotel.

Dengan informasi tersebut, tamu akan menjadi lebih mudah menentukan jenis kamar yang mana cocok untuk mereka.

Selain itu, tampilkan review dari orang-orang sudah pernah melakukan check-in di hotel sebelumnya. Review yang baik dapat meningkatkan kepercayaan untuk orang-orang ketika memutuskan melakukan pemesanan.

Sebagai tambahan, sediakan juga informasi terkait destinasi-destinasi wisata lokal disekitar hotel untuk menunjang pengalaman tamu.

Memberikan Penawaran Khusus

Berikan penawarkan khusus bagi tamu yang melakukan pemesanan langsung atau direct booking.

Penawaran khusus ini dapat berupa paket khusus, diskon, cashback, dan lain sebagainya yang membuat tamu merasa untung. Langkah ini akan lebih menarik tamu untuk melakukan booking.

Baca juga:  43 Istilah Dalam Perhotelan Beserta Lengkap Dengan Artinya

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Online

Agar website hotel bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dan calon tamu, tentu strategi pemasaran online memang menjadi hal yang wajib untuk diterapkan.

Strategi pemasaran online dapat dilakukan dengan mengiklankan website di Google Ads atau Instagram Ads. Iklan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan cepat akan tetapi ini akan memerlukan biaya iklan.

Untuk mengurangi biaya iklan, dapat juga melakukan strategi pemasaran organik seperti dengan Search Engine Optimization (SEO) atau pembuatan konten promosi di sosial media seperti Instagram.

GuestPro Website Booking Engine

Untuk meningkatkan direct booking, saat ini tentu anda memerlukan website dengan fitur booking engine sebagai media untuk tamu untuk melakukan pemesanan.

GuestPro juga menyediakan Website Booking Engine. Website builder dengan tampilan yang user-friendly dan teknologi booking engine yang powerful.

Ini memungkinkan calon tamu anda lebih mudah dalam melakukan pemesanan kamar melalui website. Untuk lebih lanjut mengenai website booking engine ini, silahkan konsultasi melalui Whatsapp.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    id_IDIndonesian