Pengertian Cross Selling Hotel Hingga Contoh Penerapannya

Cross Selling Hotel
Blog

Pengertian Cross Selling Hotel Hingga Contoh Penerapannya

Cross selling hotel adalah proses penjualan yang dilakukan pihak hotel untuk mendorong tamu agar membeli produk atau layanan tambahan yang relevan.

Misalnya, ada tamu yang memesan kamar hotel, staff reservasi dapat menawarkan layanan tambahan seperti breakfast, spa, dan tur wisata.

Strategi cross selling ini mempunyai tujuan yang hampir mirip dengan Up Selling Hotel yaitu meningkatkan pendapatan dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada tamu.

Manfaat Cross Selling Hotel

Pengertian Cross Selling Hotel
Pengertian Cross Selling Hotel – Sumber: www.pexels.com

Meningkatkan Pendapatan Hotel

Dengan menjual produk atau layanan tambahan yang relevan kepada tamu, ini tentunya dapat meningkatkan pendapatan dari pihak hotel.

Memberikan Pengalaman Yang Lebih Baik

Menawarkan produk atau layanan yang relevan kepada tamu akan dapat meningkatkan pengalaman tamu dan membuat mereka merasa puas ketika menginap.

Meningkatkan Citra Merek Hotel

Ketika tamu merasa puas dengan pengalaman menginap yang didapatkan, mereka tidak akan segan untuk memberikan review atau ulasan yang positif.

Nantinya hal tersebut tentu dapat meningkatkan reputasi dan citra merek hotel di mata calon tamu lainnya.

Teknik Cross Selling Hotel

Layanan Tambahan Spa
Layanan Tambahan Spa – Sumber: www.pexels.com

Segmentasi Tamu

Identifikasi kebutuhan dan preferensi tamu berdasarkan data demografis, perilaku pemesanan, atau riwayat kunjungan sebelumnya untuk menyesuaikan tawaran produk atau layanan tambahan.

Personalisasi Penawaran

Sesuaikan tawaran cross selling berdasarkan profil dan preferensi tamu. Misalnya menawarkan paket spa kepada tamu yang telah menunjukkan minat dalam layanan kecantikan.

Penawaran Paket

Menggabungkan beberapa layanan atau produk dalam paket yang menarik dengan harga khusus. Misalnya, paket menginap dengan sarapan atau paket menginap dengan spa.

Baca juga:  Pengertian Revenue Cost Ratio dan Cara Menghitungnya

Komunikasi Yang Efektif

Menggunakan komunikasi yang sesuai, baik melalui email, aplikasi seluler, atau langsung di lokasi, untuk memperkenalkan tawaran cross selling dengan jelas dan menarik.

Contoh Penerapannya

Paket Liburan Keluarga
Paket Liburan Keluarga – Sumber: www.pexels.com

Paket Liburan Keluarga

Menawarkan paket menginap dengan fasilitas tambahan seperti akses ke wahana bermain, diskon di restoran keluarga, dan tiket masuk ke tempat wisata di sekitar.

Paket Bisnis

Menggabungkan kamar hotel dengan layanan rapat atau konferensi, akses ke pusat bisnis, dan layanan antar-jemput bandara untuk tamu bisnis.

Paket Romantis

Menyediakan paket menginap dengan makan malam romantis, layanan spa, dan dekorasi kamar khusus untuk tamu yang merayakan perayaan pernikahan.

Layanan Transportasi

Menawarkan layanan antar-jemput ke bandara atau ke lokasi wisata populer sebagai tambahan yang dapat dipesan bersamaan dengan kamar hotel.

Demikianlah pembahasan mengenai cross selling ini. Jadi, dengan menawarkan produk atau layanan tambahan ini, hotel dapat meningkatkan pendapatan dan pengalaman tamu.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian