CRM Hotel: Jaga Hubungan Berkelanjutan Dengan Tamu Anda

CRM Hotel
Blog

CRM Hotel: Jaga Hubungan Berkelanjutan Dengan Tamu Anda

CRM Hotel adalah salah satu sistem penting untuk diimplementasikan bagi industri perhotelan. Dalam persaingan yang ketat, sistem CRM ini dapat membantu hotel mempertahankan hubungan yang keberlanjutan dengan tamu-tamu mereka.

Dalam blog ini, kita akan membahas lebih lengkap mengenai sistem CRM Hotel mulai dari pengertian hingga manfaat apa yang dapat diberikan kepada hotel.

Apa itu Sistem CRM Hotel?

Customer Relationship Management Hotel
Customer Relationship Management Hotel – Sumber: www.pexels.com

CRM merupakan singkatan dari “Customer Relationship Management”, suatu sistem yang dirancang untuk membantu bisnis hotel dalam mengelola interaksi dengan tamu mereka.

Dengan sistem ini, hotel dapat memahami tren pasar hingga perilaku tamu mereka secara personal seperti tren pemesanan, apa yang  tamu sukai, kapan ulang tahun tamu, dan lain sebagainya.

Sehingga, hotel nantinya dapat menawarkan pelayanan yang lebih personal kepada tamu-tamu mereka.

Mengapa Sistem CRM Penting Untuk Bisnis Hotel?

Sistem Mengelola Interaksi Tamu Hotel
Sistem Mengelola Interaksi Tamu Hotel – Sumber: www.pexels.com

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan layanan yang lebih personal, hotel dapat meningkatkan tingkat kepuasan tamu mereka.

Meningkatkan Retensi Pelanggan

Dengan membangun hubungan yang kuat dan memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan tamu, hotel dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan mereka.

Efisiensi Operasional

Automatisasi proses dan analisis data membantu hotel untuk meningkatkan efisiensi operasional serta menghemat waktu dan biaya.

Peningkatan Pendapatan

Dengan menargetkan penawaran dan promosi kepada segmentasi pasar hotel yang relevan, hotel dapat meningkatkan pembelian tambahan dari tamu mereka.

Baca juga:  6 Cara Menyambut Tamu Hotel Untuk Kesan Pertama Yang Baik

Wawasan Yang Mendalam

Melalui analisis data yang cermat, hotel dapat memperoleh wawasan yang mendalam tentang perilaku pelanggan dan tren pasar. Ini memungkinkan mereka untuk membuat strategi yang lebih baik.

Bagaimana Cara Kerja Sistem CRM?

Segmentasi Tamu Di Hotel
Segmentasi Tamu Di Hotel – Sumber: www.pexels.com

Pengumpulan Data

Sistem menyimpan berbagai data tentang tamu, termasuk kontak, riwayat pemesanan, preferensi, dan catatan interaksi sebelumnya.

Data tersebut didapatkan dari pengumpulan dari berbagai sumber seperti saat pemesanan online, formulir pendaftaran, dan interaksi langsung antara staff dengan tamu.

Pemrosesan dan Analisis Data

Data yang telah dikumpulkan kemudian akan diproses dan dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan tren yang relevan.

Misalnya: tren pemesanan, preferensi makanan atau fasilitas, dan pola perilaku tamu.

Personalisasi Layanan

Berdasarkan data yang sudah dianalisis, hotel dapat memahami preferensi dan kebutuhan tamu mereka serta mengambil tindakan yang sesuai.

Dalam ini, hotel dapat melakukan interaksi dengan tamu seperti memberi penawaran khusus hingga memberikan layanan tambahan.

Otomatisasi Proses

Selain itu, sistem ini juga sering kali dilengkapi dengan fitur otomatisasi yang dapat menghemat waktu dan tenaga.

Sebagai contoh: mengirimkan tamu promo-promo spesial atau informasi menarik lainnya sesuai dengan prefensi tamu.

Dimana Mendapatkan Sistem CRM Yang Handal?

Hotel CRM dan Marketing System
Hotel CRM dan Marketing System – Sumber: www.pexels.com

GuestPro menyediakan solusi teknologi “Hotel CRM & Marketing System” untuk memudahkan anda di dalam memanajemen data dan menjaga hubungan yang berkelanjutan dengan tamu.

Dirancang dengan berbagai fitur yang handal untuk memaksimalkan profit bisnis anda.

Check-In Online

Semua data personal tamu seperti alamat, no telephone, dan email bisa anda dapatkan untuk melengkapi kekuatan database tamu yang nantinya dapat masuk secara otomatis ke sistem hotel anda.

Guest Preference

Data preferensi dari tamu anda, apabila data ini lengkap maka anda akan mampu memahami lebih dalam tentang tamu anda, seperti: preferensi makanan dan minuman, aktivitas liburan, dan berbagai hal personal lainnya.

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Early Check In Serta Ketentuan Dan Biayanya

Guest Feedback

Fitur ini tersedia untuk memudahkan anda dalam mendapatkan data review dari tamu lebih awal sebelum mereka melakukan review pada Online Channel yang terkait dengan hotel.

Guest Segmentation

Fitur ini akan membantu anda di dalam melakukan segmentasi dari database secara otomatis mulai dari menyediakan data tamu repeater hingga segmentasi berdasarkan negara atau tujuan liburan seperti: honeymoon, family atau bisnis trip.

Marketing Campaign

Anda dapat mengirimkan promo informasi menarik sesuai dengan kebutuhan preferensi setiap segmentasi tamu anda.

Selain itu, anda bisa melampirkan link hotel booking engine atau up selling hotel untuk mengkonversi transaksi pada email atau whatsapp marketing tersebut.

Guest Journey

Fitur ini memungkinkan anda membangun Guest Journey secara otomatis baik ke Email  atau Whatsapp.

Sebagai contoh pengiriman pesan otomatis pada saat tamu booking, pesan konfirmasi beberapa hari sebelum check-in, pesan otomatis setelah check-in dengan informasi detail layanan hotel, ataupun ucapkan terima kasih setelah check-out.

Tertarik untuk mengimplementasikan sistem CRM pada bisnis hotel anda? Konsultasi gratis sekarang melalui Whatsapp.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian