11 Strategi Pemasaran Hotel Untuk Meningkatkan Okupansi

Strategi Pemasaran Hotel
Blog

11 Strategi Pemasaran Hotel Untuk Meningkatkan Okupansi

Memikirkan strategi pemasaran hotel yang tepat merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk kesuksesan bisnis hotel anda kedepannya.

Banyaknya persaingan membuat pasar usaha hotel saat ini menjadi lebih kompetitif. Hal ini mengharuskan anda benar-benar membuat strategi pemasaran hotel yang efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

Ada banyak pilihan strategi marketing hotel yang bisa anda coba saat ini baik itu online atau offline. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran hotel yang dapat terapkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke hotel anda.

Strategi Pemasaran Hotel

Ketahui Siapa Target Pasar Hotel Anda

Menentukan Target Pasar Hotel
Menentukan Target Pasar Hotel – sumber: www.pexels.com

Sebelum menerapkan strategi pemasaran, maka anda perlu memahami siapa yang menjadi target pasar hotel anda.

Sebagai contoh, anda mempunyai hotel yang berlokasi di pedesaan Ubud, Bali. Tentunya target pasar hotel anda dapat berbeda dengan hotel-hotel yang berada di perkotaan Denpasar.

Hotel di daerah pedesaan umumnya dipilih oleh para wisatawan yang sedang berlibur dan ingin mendapatkan suasana yang tenang. Sementara hotel di daerah perkotaan, biasanya dipilih oleh orang-orang yang sedang menjalani dalam tugas bisnis.

Selain itu, anda juga perlu mempelajari bagaimana calon tamu anda melakukan pemesanan hotel, cara berpergian, serta perkiraan budget mereka dalam memilih hotel.

Dengan data itu semua, anda akan lebih mudah di dalam membuat strategi nantinya yang mencakup pemilihan media pemasaran, penentuan harga sewa kamar, dan hingga memberikan pelayanan yang tepat.

Pendaftaran Pada Online Travel Agent

Pendaftaran Pada Online Travel-Agent
Pendaftaran Pada Online Travel-Agent – sumber: www.pexels.com

Online Travel Agent (OTA) merupakan platform yang menyediakan produk-produk perjalanan wisata salah satunya adalah pemesanan hotel secara online.

Sederhananya, orang-orang yang sedang melakukan perjalanan wisata dapat mencari hotel serta melakukan pemesanan kamar melalui platform OTA ini.

Sebagai pemilik usaha hotel, anda dapat memanfaatkan platform ini sebagai tempat untuk memasarkan kamar hotel anda. Sehingga, orang-orang dapat menemukan hotel anda ketika mereka mencari hotel dalam perjalanan wisata.

Baca juga:  Memahami Fixed Cost Dan Variable Cost Dalam Perhotelan

Selain itu, melalui OTA ini, anda dapat menjangkau pasar secara luas hingga luar negeri. Memungkinkan anda untuk mengakses pemasaran hotel yang sebelumnya belum pernah anda masuki.

Beberapa OTA populer saat ini diantaranya Booking.com, Expedia, Airbnb, Agoda, Trip.com, dan Traveloka. Anda dapat mendaftarkan list kamar hotel di beberapa platform OTA tersebut.

Untuk mempermudah strategi pemasaran melalui beberapa platform OTA, anda dapat menggunakan teknologi channel manager dari GuestPro.

Dimana nantinya anda dapat mengatur ketersediaan dan harga kamar hotel di beberapa OTA hanya dengan melalui satu tempat saja, serta menghindari terjadinya double-booking.

Untuk lebih lengkap tentang channel manager, klik Request Demo.

Pembuatan Konten Visual Yang Menarik

Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel
Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel – sumber: www.pexels.com

Pembuatan konten visual seperti gambar dan video dapat menjadi strategi yang tepat untuk menarik orang-orang untuk mengenal hotel anda.

Untuk gambar, pastikan itu berkualitas tinggi. Anda dapat menampilkan bagian-bagian terbaik dari hotel anda seperti interior kamar, restoran, bar, kolam renang, dan public area lainnya.

Sementara untuk video, anda dapat menampilkan keseluruhan hotel seperti halnya virtual tour. Ini akan membuat calon tamu anda merasa lebih terhubung dengan pengalaman yang akan mereka dapatkan ketika menginap di hotel anda.

Untuk mendapatkan hasil gambar dan video yang lebih maksimal, tentu perlu menggunakan kamera berkualitas atau anda dapat menyewa seorang photographer.

Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menjangkau Audiens

Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menjangkau Audiens
Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menjangkau Audiens – sumber: www.pexels.com

Media sosial merupakan tempat yang efektif untuk memperluas jangkauan audiens anda serta membangun brand awareness anda. Beberapa yang populer saat ini dipakai adalah Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Anda dapat membagikan konten visual berupa foto atau video yang menarik di sini. Tampilkan bahwa hotel anda aman dan nyaman sebagai tempat menginap.

Selain itu, anda juga dapat memposting ulasan-ulasan tamu yang sudah pernah menginap atau event-event khusus yang akan datang.

Melalui media sosial, memungkinkan anda untuk dapat berinteraksi langsung dengan calon tamu serta menjawab pertanyaan mereka. Anda dapat memanfaatkan ini untuk menciptakan hubungan yang baik dengan calon tamu.

Pembuatan Web Yang Menarik

Pembuatan Web Hotel Yang Menarik
Pembuatan Web Hotel Yang Menarik – sumber: www.unsplash.com

Website dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan hotel anda kepada audien yang lebih luas.

Baca juga:  6 Langkah Efektif Untuk Menerapkan Program Loyalitas Hotel

Anda dapat menyediakan berbagai informasi penting tentang hotel anda di sini. Mulai dari jenis kamar, harga, fasilitas, usalan tamu, event-event, hingga penawaran khusus di hotel anda. Tambahkan juga gambar untuk membuat tampilan website lebih menarik.

Selain itu, anda juga dapat menyediakan sistem pemesanan langsung di sana. Agar calon tamu yang ingin menginap bisa langsung melakukan pemesanan kamar.

Untuk saat ini, hampir sebagian besar orang mengakses website melalui smartphone. Oleh karena itu, pastikan juga website hotel anda memiliki desain yang responsif.

Melakukan Kerjasama Dengan Influencer

Influencer Marketing Untuk Usaha Hotel
Influencer Marketing Untuk Usaha Hotel – sumber: www.unsplash.com

Influencer umumnya memiliki banyak pengikut di media sosial. Kerjasama dengan mereka akan memperbesar peluang hotel anda dikenal lebih banyak orang.

Tapi, sebelum itu, pastikan anda menemukan influencer yang memiliki audien sesuai dengan target pasar anda. Hal ini penting untuk membantu meningkatkan brand exposure (eksistensi brand).

Anda dapat mengundang mereka untuk meninap di hotel anda sebagai pertukaran konten promosi. Nantinya mereka dapat membantu anda membagikan pengalaman mereka selama menginap pada akun mereka. Dengan itu, hotel anda bisa dikenal lebih banyak orang.

Pemasaran Melalui Email (Email Marketing)

Email Marketing Untuk Hotel
Email Marketing Untuk Hotel – sumber: www.unsplash.com

Pemasaran melalui email masih terbilang efektif untuk meningkatkan okupansi hotel anda. Namun, sebelumnya tentu anda harus mempunyai daftar alamat email calon tamu anda atau mungkin tamu yang sudah menginap.

Untuk bisa mendapatkan alamat email, anda dapat menyediakan kolom subscribe newsletter di halaman website atau juga pada formulir ketika melakukan revervasi.

Dengan email marketing, anda dapat mempromosikan penawaran-penawaran terbaru di hotel anda serta memberikan update bila ada layanan dan fasilitas baru.

Sebagai contoh, ketika menjelang hari Raya Nyepi. anda dapat memberikan promo-promo paket menginap yang menarik baik itu dengan pemberian diskon atau cashback.

Pemanfaatan Google My Business

Pemanfaatan Google My Business Untuk Bisnis Hotel
Pemanfaatan Google My Business Untuk Bisnis Hotel – sumber: www.pexels.com

Google My Business merupakan platform dari Google yang dapat membantu anda di dalam mengelola informasi bisnis secara online. Anda juga dapat memanfaatkan ini untuk pemasaran hotel.

Bila sudah mendaftarkan bisnis di Google My Business, anda dapat melakukan optimasi pada pencarian lokal. Misalnya: sesesorang mencari hotel di daerah tertentu, hotel anda akan berpotensi muncul di halaman pencarian bila berada dekat daerah yang dicari.

Baca juga:  Property Management System: Tingkatkan Efisiensi Hotel Anda

Pastikan anda mengisi informasi secara lengkap seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, dan lain sebagainya untuk memudahkan calon tamu menghubungi anda.

Selain itu, anda juga dapat memposting penawaran khusus untuk menarik perhatian pengguna yang sedang mencari akomodasi di daerah anda.

Menanggapi Setiap Ulasan di Platform Online

Menanggapi Setiap Ulasan di Platform Online
Menanggapi Setiap Ulasan di Platform Online – sumber: www.unsplash.com

Biasanya beberapa tamu yang telah menginap di hotel, mereka akan meninggalkan ulasan dan penilaian melalui platform online yang digunakan hotel seperti TripAdvisor, Google Review, dan lain sebagainya.

Ulasan ini dapat positif bila tamu telah merasa puas dengan kualitas kamar dan pelayan yang didapatkan. Atau, bisa juga negatif bila tamu merasa tidak puas

Apapun bentuk ulasan yang diberikan tamu, anda sebaiknya selalu menanggapi ulasan tersebut dengan sopan dan profesional untuk menunjukan responsibilitas  kepada orang-orang yang melihat ulasan tersebut.

Khusus untuk ulasan negatif, anda bisa menanggapi dengan permintaan maaf dan menawarkan berbagai solusi seperti pemberian diskon atau penawaran khusus.

Menanggapi ulasan negatif dengan cara yang tepat dapat meningkatkan reputasi bisnis anda.

Menghindari Persaingan Harga

Strategi Marketing Hotel
Strategi Marketing Hotel – sumber: www.pexels.com

Mempromosikan hotel dengan harga termurah memang efektif untuk menarik perhatian calon tamu. Akan tetapi, hal itu juga dapat membuat profit bisnis anda menjadi kecil dan tidak stabil.

Anda sebaiknya menghindari strategi perang harga untuk menarik perhatian tamu.

Tamu yang mengincar harga murah umumnya sulit loyal kepada satu hotel karena bila kemudian harga di hotel anda tidak sesuai ekspetasi lagi, kemungkinan besar mereka akan berpindah ke hotel yang menawarkan harga lebih murah.

Daripada mempromosikan hotel dengan harga yang murah, lebih baik anda bersaing pada kualitas dan pengalaman yang dapat diberikan ke tamu. Dengan ini anda juga akan mendapatkan tamu-tamu yang memang ideal.

Fokus Kepada Tamu Yang Mau Memesan Ulang

Strategi Promosi Hotel
Strategi Promosi Hotel – sumber: www.unsplash.com

Mungkin anda pernah mendengar ini, akan lebih mudah untuk mempertahankan pelanggan lama daripada mendapatkan pelanggan baru. Hal itu memang ada benarnya dan juga berlaku di bisnis hotel.

Anda dapat memfokuskan pemasaran tamu-tamu yang Ideal. Yang mana mereka mau membayar lebih untuk kualitas dan pengalaman yang lebih baik.

Tipe tamu yang loyal seperti ini biasanya akan bersedia melakukan ulang lagi ketika mereka sedang berlibur lagi. Sehingga, ini juga tepat dijadikan strategi untuk meningkatkan penjualan kamar hotel anda.

Demikianlah artikel tentang strategi pemasaran hotel ini, anda dapat menerapkan itu di bisnis hotel anda.

Sementara itu, untuk mempermudah anda di dalam mengelola operasional bisnis hotel, anda dapat menggunakan teknologi Hotel Management System dari GuestPro. Silahkan konsultasi gratis dengan klik Whatsapp kami.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian