8 Jenis Jenis Tamu Hotel Beserta Sumber Penjualannya

Jenis Jenis Tamu Hotel
Blog

8 Jenis Jenis Tamu Hotel Beserta Sumber Penjualannya

Dalam menjalani suatu bisnis perhotelan, memahami jenis jenis tamu hotel merupakan kunci untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada setiap tamu.

Dari jenis tamu Domestic Tourist hingga Regular Guest, setiap jenis tamu ini memerlukan pendekatan yang berbeda serta mengharapkan pelayanan yang profesional. Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis anda perlu mempelajari lebih jauh.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang berbagai jenis jenis tamu hotel beserta sumber penjualan untuk masing-masing jenis tamu.

Untuk lebih lengkapnya, mari lanjut membaca ke bawah.

Jenis Jenis Tamu Hotel

Domestic Tourist

Domestic Tourist
Daftar Tamu Hotel – sumber: www.pexels.com

Domestic Tourist adalah tamu yang berasal dari suatu daerah tertentu (masih dalam negeri). Mereka umumnya menginap pada waktu akhir pekan, kegiatan khusus, dan juga aktivitas-aktivitas lainnya.

Selain itu, mereka biasanya mencari hotel yang menawarkan fasilitas lengkap dan harga terjangkau. Pelayanan yang cepat dan ramah sangat dihargai oleh jenis tamu ini.

Untuk jenis tamu ini, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Situs web perjalanan domestik seperti Traveloka dan Tiket.com.
  • Media sosial dengan menargetkan audiens lokal.
  • Kerja sama dengan agen perjalanan lokal.

FITs (Free Independent Travellers)

Free Independent Travellers
Free Independent Travellers – sumber: www.pexels.com

FITs adalah tamu yang suka merencanakan perjalanan mereka sendiri tanpa melibatkan agen perjalanan. Dengan kata lain, mereka tidak terikat dalam grup.

Mereka biasanya mencari hotel yang menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan, seperti check-in dan check-out yang mudah.

Jenis tamu ini umumnya akan melakukan reservasi langsung ke hotel dan hanya memesan kamar saja (room only).

Baca juga:  Guest Cycle di Hotel: 4 Siklus Yang Dialami Tamu Di Hotel

Untuk jenis tamu FITs, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Situs web hotel.
  • Platform pemesanan online seperti Booking.com dan Airbnb.
  • Program loyalitas atau aplikasi mobile hotel.

GITs (Group Inclusive Tours)

Group Inclusive Tours
Group Inclusive Tours – sumber: www.pexels.com

Berbeda dengan FITs, jenis tamu GITs ini adalah tamu yang datang dalam suatu kelompok atau grup. Mereka biasanya menggunakan jasa agen perjalanan (Travel Agent).

Karena mereka datang secara bersamaan, maka dari itu pihak hotel harusnya siap dengan kamar dan fasilitas yang memadai untuk menampung jenis tamu ini.

Untuk jenis tamu GITs, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Agen perjalanan yang spesialisasi dalam paket tur kelompok.
  • Kerja sama dengan suatu perusahaan untuk outing atau team building.
  • Event atau konferensi besar.

SITs (Special Interest Tours)

Special Interest Tours
Special Interest Tours – sumber: www.unsplash.com

Jenis tamu SITs ini adalah tamu yang datang dengan tujuan tertentu, seperti budaya, olahraga, bisnis, spiritual, atau kegiatan khusus lainnya. Contohnya: tamu yang mengunjungi Ubud untuk mempelajari seni dan budaya.

Umumnya mereka juga datang di dalam satu grup atau rombongan. Dalam melayani tamu ini, pihak hotel perlu menawarkan layanan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dari tamu.

Untuk jenis tamu SITs ini, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Asosiasi atau komunitas yang fokus pada minat khusus (misalnya, komunitas diving, komunitas bisnis, komunitas musik dan lain sebagainya).
  • Event-event atau festival khusus (misalnya, festival musik, pameran bisnis, dan lain sebagainya).

CIPs (Commercially Important Persons)

Commercially Important Persons
Commercially Important Persons – sumber: www.pexels.com

CIPs adalah tamu yang memiliki nilai komersial tinggi bagi hotel. Mereka biasanya merupakan pengusaha atau investor dan reservasinya akan dilakukan oleh sekretaris atau asistennya.

Mereka memerlukan layanan eksklusif dan fasilitas premium serta biasanya menginap di jenis hotel-hotel mewah.

Baca juga:  Pengertian Overbooking Hotel Serta Penyebab Dan Dampaknya

Untuk jenis tamu CIPs ini, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Hubungan bisnis dan networking
  • Kerja sama dengan suatu korporat atau partnership
  • Layanan concierge eksklusif atau personal shopper

SPATTs (Special Attention Guests)

Special Attention Guests
Special Attention Guests – sumber: www.pexels.com

SPATTs adalah tamu yang memerlukan perhatian khusus atau kebutuhan khusus. Misalnya: sedang sakit dalam kondisi medis tertentu, tamu yang sudah lanjut usia, dan lain sebagainya.

Dalam melayani jenis tamu ini, pihak hotel harus menawarkan layanan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk jenis tamu SPATTs ini, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Rumah sakit atau institusi kesehatan untuk pasien yang memerlukan perawatan khusus,
  • Organisasi nirlaba atau LSM (Lembaga Swadya Masyarakat) yang menangani kebutuhan khusus.

VIPs (Very Important Persons)

Very Important Persons
Very Important Persons – sumber: www.pexels.com

VIPs adalah tamu yang memerlukan layanan paling eksklusif. Mereka biasanya dari kalangan tokoh publik, selebriti, pimpinan perusahaan atau pejabat tinggi.

Tamu ini biasanya mengharapkan beberapa hal seperti layanan butler 24 jam dan fasilitas premium. Sehingga, pihak hotel perlu menyiapkan pelayaan dan fasilitas tersebut.

Untuk jenis tamu VIPs ini, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Hubungan pribadi dan rekomendasi.
  • Layanan concierge eksklusif.
  • Kerja sama dengan manajemen artis atau agen publisitas.

Regular Guest

Regular Guest
Tamu Hotel Regular – sumber: www.pexels.com

Regular Guest ini juga sering disebut Walking Guest merupakan jenis tamu yang sering menginap di hotel tersebut. Mereka umumnya menginap pada suatu hotel tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu.

Jenis tamu ini biasanya mendapatkan layanan dan penawaran khusus sebagai bentuk apresiasi dari hotel.

Untuk jenis tamu regular guest ini, anda bisa mendapatkan penjualan melalui:

  • Program loyalitas hotel
  • Email marketing untuk pelanggan yang sudah pernah menginap
  • Penawaran atau promosi khusus untuk pelanggan tetap

Nah, itulah bahasan mengenai beberapa jenis jenis tamu hotel beserta sumber penjualan untuk masing-masing jenis tamu.

Baca juga:  Mengenal Struktur Organisasi Housekeeping Di Dalam Hotel

Dengan memahami kedua hal tersebut, anda sebagai pelaku bisnis hotel dapat menawarkan layanan yang lebih personal dan memuaskan.

Selain itu, anda juga dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk mendapatkan audiens yang relevan. Sehingga, dapat memaksimalkan pendapatan.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian