Bagaimana CRM Dapat Membantu Guest Retention Di Hotel?

Guest Retention
Blog

Bagaimana CRM Dapat Membantu Guest Retention Di Hotel?

Guest retention merupakan upaya yang dilakukan oleh hotel untuk mempertahankan tamu agar kembali menginap di hotel yang sama di masa mendatang.

Dalam industri perhotelan, mempertahankan atau menjaga loyalitas tamu sangat penting untuk meningkatkan pendapatan jangka Panjang

Oleh karenanya, wajib bagi para hotelier untuk memahami mengenai guest retention ini.

Mengapa Guest Retention Penting Untuk Hotel?

Mempertahankan Tamu Hotel
Mempertahankan Tamu Hotel

Lebih Hemat Biaya Dibandingkan Mendapatkan Tamu Baru

Menarik tamu baru membutuhkan biaya pemasaran yang lebih tinggi dibandingkan mempertahankan tamu lama.

Dengan memiliki tingkat retensi tamu yang baik, hotel bisa mengurangi biaya promosi.

Meningkatkan Pendapatan Jangka Panjang

Tamu yang puas cenderung melakukan pemesanan berulang dan bersedia untuk membayar lebih, baik itu untuk kamar, makanan, spa, atau layanan tambahan lainnya.

Membangun Reputasi Positif

Tamu loyal yang puas akan cenderung merekomendasikan hotel kepada keluarga, teman, atau melalui ulasan online.

Secara tidak langsung, ini membentuk pemasaran Word of Mouth atau promosi dari mulut ke mulut yang sangat efektif.

Menciptakan Relasi Yang Kuat

Hotel yang mampu mempertahankan tamu biasanya mampu membangun hubungan emosional yang baik.

Tamu akan merasa dihargai dan diperlakukan secara personal, menciptakan pengalaman yang lebih berkesan.

Tingkatkan Guest Retention Hotel Anda Dengan GuestPro CRM

GuestPro CRM
GuestPro CRM

GuestPro Hotel CRM & Marketing System merupakan solusi teknologi untuk memudahkan anda dalam menjaga hubungan yang berkelanjutan dengan tamu anda, dengan berbagai fitur:

Baca juga:  Macam Macam Harga Kamar Hotel Lengkap Dengan Penjelasannya

Check-In Online

Semua data penting dari tamu baik itu nomor telephone, email, dan alamat otomatis masuk sistem hotel anda. Data-data ini nantinya dapat melengkapi database tamu anda.

Guest Preference

Melalui fitur ini, anda dapat memahami lebih mendalam mengenai preferensi setiap tamu anda secara personal. Misalnya: makanan dan minuman, aktivitas liburan, dan lain sebagainya.

Guest Feedback

Melalui fitur ini, anda bisa mendapatkan data review tamu lebih awal sebelum mereka melakukan review pada online channel yang terkait dengan hotel.

Guest Segmentation

Fitur ini dapat membantu anda melakukan segmentasi dari database tamu secara otomatis baik data tamu repeater ataupun berdasarkan negara atau tujuan liburan seperti honeymoon, family atau bisnis trip.

Marketing Campaign

Melalui fitur ini, anda dapat mengirimkan promo-promo atau informasi-informasi menarik sesuai dengan preferensi setiap segmentasi tamu anda.

Selain itu, anda juga bisa melampirkan link Booking Engine atau Upselling layanan hotel untuk konversi transaksi pada email atau WhatsApp marketing.

Guest Journey

Fitur ini memungkinkan anda untuk membangun Guest Journey secara otomatis melalui email atau WhatsApp.

Misalnya, pesan otomatis pada saat tamu booking, pesan konfirmasi beberapa hari sebelum check-in,  pesan detail informasi setelah check-in, hingga ucapan terima kasih setelah check-out.

Untuk anda yang tertarik mengetahui GuestPro CRM, anda bisa konsultasi gratis melalui WhatsApp kami.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    id_IDIndonesian