17 Jenis Jenis Kode Status Kamar Hotel Beserta Artinya

Status Kamar Hotel
Blog

17 Jenis Jenis Kode Status Kamar Hotel Beserta Artinya

Dalam dunia perhotelan, anda mungkin akan mendengar banyak istilah-istilah kode status kamar hotel. Kode-kode sering ini dipakai untuk menggambarkan keadaan kamar.

Apabila anda sedang menjalani bisnis perhotelan, tentu ada baiknya juga memahami kode-kode status kamar ini. Tujuannya tentu agar lebih mudah nantinya bila ada perlu komunikasi dengan staff anda atau saat memberikan pelayanan kepada tamu.

Nah, berikut adalah ada beberapa jenis status kamar hotel beserta lengkap dengan arti penjelasannya.

Kode Status Kamar Hotel

Kode Status Kamar Hotel
Kode Status Kamar Hotel – sumber: www.unsplash.com

Occupied (O)

Status ini menunjukkan bahwa suatu kamar sedang digunakan oleh tamu. Ini berarti semua fasilitas di kamar, seperti listrik, air, dan layanan kamar, harus berfungsi dengan baik untuk kenyamanan tamu.

Ciri-cirinya adalah terdapat benda-benda milik pengunjung di dalam kamar, tempat tidur mungkin terlihat berantakan, kamar mandi tampak seperti telah digunakan, perlengkapan tamu seperti linen nampak telah dipakai.

Vacant (V)

Status ini menunjukan bahwa suatu kamar kosong dan siap untuk ditempati oleh calon tamu. Biasanya status kamar ini sudah dibersihkan oleh tim housekeeping dan diperiksa oleh supervisor.

Ciri-cirinya adalah tidak sedang dihuni oleh tamu, tidak ada barang milik tamu, kamar dalam keadaan dan bersih rapi, linen supplies dan guest supplies masih utuh.

Don’t Disturb (DD)

Status kamar ini mengartikan bahwa tamu yang berada di kamar tersebut tidak mau diganggu. Staf hotel harus menghormati privasi tamu dan tidak mengganggu kecuali dalam keadaan darurat.

Baca juga:  Pengertian Segmentasi Pasar Hotel Dan Jenis Kategorinya

Ciri-cirinya adalah tamu mungkin sedang sakit atau lelah, bekerja, atau menikmati honeymoon. Apabila tamu berada di luar kamar, kemungkinan terdapat dokumen kerja yang tidak boleh disentuh atau diubah tempatnya.

Double Locked (DL)

Status kamar ini mengartikan suatu kamar sedang dikunci double. Biasanya digunakan oleh tamu VIP atau kamar dengan situasi keamanan tertentu.

Akses ke kamar ini sangat terbatas. Pintu kamar tidak dapat dibuka dengan Master Key yang dipegang oleh Roomboy atau Floor Supervisor.

Hanya bisa dibuka dengan menggunakan Emergency Master Key (EMK) yang biasanya disimpan oleh Front Office Manager.

Check In (CI)

Status kamar ini mengartikan bahwa tamu yang memesan kamar sudah tiba dan siap untuk menginap.

Ciri-ciri dari kamar ini adalah tempat tidur masih tertata rapi, kamar mandi belum digunakan, dan barang milik tamu masih tersusun dan tersimpan dengan rapi.

Nama Status Kamar Hotel
Nama Status Kamar Hotel – sumber: www.unsplash.com

Occupied No Luggage (ONL)

Status kamar ini mengartikan bahwa tamu yang menginap tidak membawa bagasi. Mereka mungkin hanya membawa tas kecil atau handbag saja.

Umumnya, tamu ini akan menginap di hotel dama waktu yang singkat atau mungkin mempunyai alasan lain.

Ciri-ciri dari kamar ini adalah tamu hanya membawa satu atau dua set pakaian di dalam lemari pakaian dan hanya tas kecil tanpa adanya koper.

Sleep Out (SO)

Status kamar ini menunjukan bahwa tamu menyewa kamar hotel tetapi tidur di luar hotel. Hal Ini biasanya terjadi ketika tamu keluar malam dan kembali di pagi hari.

Mereka mungkin sedang menginap di tempat keluarga, saudara, atau teman. Meskipun tidak ditempati dan hanya menyimpan barang-barang saja, tamu harus tetap membayar secara penuh.

Ciri-ciri dari kamar ini adalah terdapat barang-barang di kamar, kondisi kamar tertutup dan masih tertata rapi.

Baca juga:  Pengertian Revenue Cost Ratio dan Cara Menghitungnya

House Used (HU)

Status ini mengartikan bahwa suatu kamar digunakan oleh manajemen hotel untuk keperluan internal perusahaan seperti untuk staff yang lembur atau keperluan lainnya.

Dalam hal ini, mereka tidak akan dikenakan biaya apapun atau free of charge.

Out of Order (OO)

Status ini mengartikan bahwa suatu kamar tidak dapat digunakan atau tidak boleh dijual. Hal itu mungkin dikarenakan ada kerusakan dan perlu dilakukan renovasi yang memerlukan waktu.

Selain itu, bisa juga kamar tersebut sedang dilakukan general cleaning atau pembersihan secara menyeluruh yang dilakukan oleh Room Boy.

Check Out (CO)

Status ini mengartikan bahwa suatu kamar baru saja ditinggalkan oleh tamu. Biasanya housekeeping akan segera membersihkan untuk persiapan tamu berikutnya.

Ciri-cirinya adalah tidak ada tamu dan barang-barang di dalam kamar. Selain itu, keadaan kamar terlihat kotor dan berantakan karena habis dipakai.

Status Kamar di Hotel
Status Kamar di Hotel – sumber: www.unsplash.com

Expected Arrival (EA)

Status ini menunjukan bahwa kamar telah dipesan dan tamu diharapkan tiba. Resepsionis umumnya akan mempersiapkan data dan kunci kamar.

Expected Departure (ED)

Status ini mengartikan bahwa tamu akan check-out dari kamar ini. Tim housekeeping biasanya sudah mempersiapkan jadwal pembersihan.

Vacant Dirty (VD)

Status ini menggambarkan kamar hotel yang masih dalam keadaan kotor dan belum siap dijual kepada tamu.

Ciri-cirinya adalah kamar tidak dihuni oleh tamu, sedang dalam keadaan belum dibersihkan, perlengkapan dan fasilitas kamar tidak lengkap.

Vacant Clean (VA)

Status ini menunjukan bahwa kamar ini kosong dan sudah dibersihkan. Ini berarti suatu kamar sudah siap untuk ditempati kapan saja.

Ciri-cirinya adalah tidak dihuni oleh tamu, kamar bersih dan rapi, dan kondisi kamar siap pakai tetapi fasilitas kurang lengkap.

Baca juga:  Strategi Meningkatkan Ulasan Positif Pada Bisnis Hotel

Vacant Ready (VR)

Status ini menggambarkan keadaa kamar yang kosong, sudah dibersihkan, dan siap disewakan kepada tamu.

Ciri-cirinya mirip dengan vacant clean, hanya saja semua fasilitas yang ada di dalam sudah lengkap.

Jenis Status Kamar Hotel
Jenis Status Kamar Hotel – sumber: www.unsplash.com

Complimentary

Status ini mengartikan bahwa suatu kamar telah direservasi oleh tamu tetapi tidak dikenakan charge atau gratis.

Hal ini umumnya terjadi ketika ada situasi seperti pemberian hadiah atau bentuk penggantian atas pelayanan yang diberikan oleh hotel.

Service Refused (SR)

Status ini mengacu pada kamar yang seharusnya dibersihkan oleh Room Attendant, akan tetapi ditolak oleh tamu karena mungkin alasan privasi.

Dalam hal ini, pihak hotel harus menghormati permintaan tamu untuk tidak membersihkan kamar.

Nah, itulah beberapa kode status kamar hotel. Dengan memahami ini, anda dapat memberikan pelayanan yang tepat kepada tamu anda.

Apabila anda sedang memerlukan teknologi untuk mempermudah pengelolaan harga dan ketersediaan kamar hotel, maka GuestPro Channel Manager dapat menjadi solusi terbaik untuk anda. Silahkan konsultasi gratis sekarang melalui Whatsapp.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

Error: Contact form not found.

en_USEnglish