8 Cara Mengelola Hotel Yang Efektif Dan Berkelanjutan

Cara Mengelola Hotel
Blog

8 Cara Mengelola Hotel Yang Efektif Dan Berkelanjutan

Berbicara mengenai cara mengelola hotel, itu tidak hanya tentang penyediaan kamar yang nyaman saja, akan tetapi juga memastikan bisnis yang berkelanjutan.

Agar bisnis hotel dapat sukses dan berkelanjutan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan misalnya aspek pemasaran, sumber daya manusia, operasional, hingga keuangan.

Cara Mengelola Hotel Yang Efektif

Berikut adalah beberapa cara mengelola hotel yang efektif dan berkelanjutan.

Lengkapi Fasilitas Standar Yang Dibutuhkan

Fasilitas Standar Hotel
Ilustrasi Fasilitas Standar Hotel – Sumber: www.pexels.com

Fasilitas sering dijadikan patokan oleh banyak orang di dalam memilih hotel untuk menginap. Maka dari itu, sediakan fasilitas yang memadai atau standar yang dibutuhkan tamu.

Beberapa fasilitas standar tersebut, contohnya: tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dengan air hangat, air conditioner (AC), televisi, towel, dan lain sebagainya.

Selain di dalam kamar, ada juga fasilitas di lingkungan hotel seperti area parkir, akses internet, area parkir, pusat kebugaran, laundry, dan lain sebagainya.

Sediakan Pelayanan Yang Prima

Pelayanan Hotel Prima
Pelayanan Hotel Prima – Sumber: www.pexels.com

Menyediakan pelayanan yang prima akan membuat tamu merasa lebih nyaman selama menginap.

Ketika tamu sudah nyaman tentu besar kemungkinan mereka akan datang kembali atau bahkan merekomendasikan hotel ke orang-orang dekat mereka.

Beberapa pelayanan umum dalam bisnis hotel meliputi bagaimana menyambut tamu, pembersihan kamar, menyajikan makanan, merespon komplain, dan lain sebagainya.

Pastikan setiap staff dapat memberikan pelayanan yang baik dan konsisten untuk setiap tamu yang datang menginap di hotel.

Baca juga:  Mengenal Tugas Concierge Hotel Dan Bentuk Pelayanannya

Pemanfaatan Teknologi Yang Terintergrasi

Teknologi Pengelolaan Hotel
Teknologi Pengelolaan Hotel – Sumber: www.pexels.com

Penerapan teknologi yang terintergrasi seperti Property Management System atau yang sering disebut Hotel Cloud PMS, dapat memberikan dampak besar pada efisiensi operasional hotel.

Teknologi ini dapat mengintegrasikan berbagai aspek operasional, termasuk reservasi, check-in/check-out, inventaris kamar, hingga pelaporan keuangan.

Dengan menggunakan PMS, anda dapat mengotomatisasi tugas-tugas rutin, mengurangi risiko kesalahan manusia, dan meningkatkan responsibilitas secara real time terhadap perubahan permintaan atau keadaan darurat.

Hal ini tentu dapat mengurangi beban kerja dan operasional bisnis dapat berjalan lebih efisien.

Pengelolaan Staff Yang Tepat

Pengelolaan Staff Hotel
Pengelolaan Staff Hotel – Sumber: www.pexels.com

Dalam bisnis hotel, penting untuk membangun tim yang solid dan mendelegasikan tugas-tugas dengan bijak.

Oleh karenannya, rekrutlah staff yang memiliki keterampilan dan delegasikan ke dalam bidang mereka masing-masing.

Dengan mendegelasikan staff dan memberikan tanggung jawab yang sesuai akan meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan.

Selain itu, penting juga untuk memberikan para staff pelatihan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas layanan hotel menjadi lebih baik.

Penetapan Harga Yang Tepat

Penetapan Harga Kamar Hotel
Harga Kamar Hotel – Sumber: www.pexels.com

Penetapan harga kamar yang tepat akan sangat dapat berdampak pada pendapatan hotel.

Penentuan harga dapat dilakukan dengan menyesuasikan dengan data historis, tren pasar, atau juga melalui harga kompetitor.

Harga yang tepat akan mengoptimalkan pendapatan bisnis hotel serta menarik lebih banyak perhatian calon tamu.

Pahami Apa Yang Hotel Anda Tawarkan

Merek Hotel
Merek Hotel – Sumber: www.pexels.com

Setiap hotel memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Pahami apa yang hotel anda tawarkan seperti jumlah kamar, tipe kamar, fasilitas, dan harga.

Selain itu, anda juga dapat mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki hotel dengan membandingkannya dengan kompetitor.

Dengan memahami itu, ini akan mempermudah untuk anda membuat strategi bisnis khususnya dalam pemasaran.

Baca juga:  Revenue Management Hotel Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Daftarkan Properti Ke Online Travel Agent

Listing Hotel Ke OTA
Listing Hotel Ke OTA – Sumber: www.pexels.com

Online Travel Agent (OTA) merupakan tempat yang untuk meningkatkan visibilitas hotel anda. Daftarkan hotel anda di OTA agar dapat dilihat oleh lebih banyak calon tamu.

Semakin banyak dilihat, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak tamu. Beberapa contoh OTA yang populer diantaranya Expedia, Booking.com, Airbnb, Agoda, Traveloka, dan lain sebagainya.

Untuk mempermudah pengelolaan hotel anda di semua online travel agent tersebut, anda dapat menggunakan layanan Channel Manager.

Layanan ini dapat membantu anda memperbarui ketersediaan dan harga kamar dengan mudah hanya melalui satu tempat saja. Sehingga, anda tidak perlu melakukan update satu per satu di setiap OTA.

Pembuatan Website Yang Responsif Dan Menarik

Penggunaan Website Hotel
Penggunaan Website Hotel – Sumber: www.pexels.com

Website bisa dikatakan sebagai wajah digital dari suatu bisnis. Maka dari itu, penting untuk anda membuat sebuah website terutama untuk pemasaran digital.

Pastikan website yang dibuat informatif, mudah dinavigasi, dan responsif di berbagai perangkat. Sertakan galeri foto berkualitas tinggi, deskripsi fasilitas, dan testimonial.

Tawarkan sistem reservasi online yang mudah digunakan, dan pastikan bahwa informasi harga dan ketersediaan kamar selalu diperbarui secara real-time.

Memiliki website juga sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas online hotel Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengelola hotel ini. Semoga bisa bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Free Consultation

    en_USEnglish