Pentingnya SOP dalam suatu Instansi atau Perusahaan
Pentingnya SOP dalam suatu Instansi atau Perusahaan
Latar belakang
SOP (Standar Operasional Properti) merupakan rangkaian prosedur yang biasanya berbentuk dokumen atau tertulis mencangkup prosedur kerja, tahapan yang sistematis serta serangkaian instruksi. Diharapkan dapat meningkatkan profesionalis di dalam suatu perusahaan.
SOP ada dan dibentuk oleh instansi sebagai acuan kerja sehingga para manajer, senior dan karyawan junior dapat menjadi sumber daya perusahaan yang berkualitas.
Manfaat SOP di dalam suatu perusahaan sangatlah berpengaruh karena dapat mempertahankan serta meningkatkan suatu nilai. Ketika prosedur itu terbentuk dan diterapkan dengan baik oleh seluruh instansi perusahaan maka akan sangat membantu aktivitas perusahan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.
Maka tidak jarang di suatu instansi atau perusahaan merahasiakan atau menjaga SOP mereka agar tidak sampai bocor.
Tujuan dengan adanya SOP
- Dengan adanya SOP di harapkan satu tim yang bekerja di suatu perusahaan memiliki pemahaman yang sama sehingga meminimalisir kesalahan.
- Mempermudah senior untuk mengajari anak baru perihal tahapan kerja yang harus diambil nanti.
- Mempermudah menemukan masalah yang mungkin terjadi.
- Dengan adanya SOP diharapkan kita bekerja dengan lebih profesional dan terarah.
Dalam dunia Bisnis yang dimana kita bekerja dengan banyak orang, keberadaan sebuah SOP bukan hal yang asing lagi, tapi untuk orang awam tentu akan bertanya-tanya tentang apa itu SOP dan manfaatnya.
Berikut rangkuman yang akan kita bahas kali ini:
- Pengertian dari SOP
- Manfaat dari penerapan sop yg baik dan berkualitas
- Hal yang perlu diperhatikan ketika pembuatan SOP
A. Pengertian dari SOP
Secara definisi SOP (Standard Operating Procedure ) merupakan rangkaian prosedur/ patokan yang dimiliki oleh instansi atau perusahaan. Dimana hal tersebut digunakan sebagai panduan untuk mencapai hasil yang diinginkan serta meminimalkan terjadinya kesalahan.
SOP sendiri sangat erat kaitan hubungan antara sales yang nantinya berdampak pada kepuasan customer. Maka dari itu di setiap instansi atau perusahaan mereka akan berusaha menyusun SOP yang baik , berkualitas, agar karyawan mereka bekerja dengan lebih formal serta terkoordinasi dan nantinya akan berdampak kepada kepuasan customer.
Sumber Unsplash
B. Manfaat dari penerapan SOP
Jika kita memiliki SOP yang baik bisa diterapkan dengan mudah oleh tim kita, yang sudah terbukti bisa mendatangkan kembali customer atau customer baru. Mereka memberikan penilaian tentang usaha kita tanpa diminta. Maka penerapan sop yang kita berikan sudah bisa dikatakan berhasil. Sehingga kita terlihat lebih profesional karena bekerja menggunakan SOP.
Berikut manfaat dari penerapan SOP :
- Meminimalisir masalah saat bekerja,
- Mempermudah karyawan baru memahami tahapan pekerjaan karena sudah ada tahapan yang jelas,
- Dengan adanya SOP, kita lebih profesional dan tidak rancu.
- Meningkatkan kepuasan customer atas pelayanan yang kita berikan
C. Hal yg perlu diperhatikan ketika pembuatan SOP
Dalam pembuatan atau penyusunan SOP kita juga membutuhkan beberapa tahapan dan langkah-langkah agar SOP yg kita susun berfungsi dengan baik.
Sumber Unsplash
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika pembuatan SOP yaitu :
- Dalam proses pembuatan SOP kita harus bisa menganalisis dan menemukan masalah
- Ketika berhasil menemukan masalah yg sering terjadi, maka langkah selanjutnya kita harus mencarikan jalan keluarnya dengan menyusun tahap kerja tersebut.
- Melakukan evaluasi atau uji coba, dalam hal ini jika tidak ada kendala dan semua rasanya sudah berjalan lancar, maka selanjutnya
- SOP bisa ditetapkan dan dijalankan untuk diterapkan oleh masing-masing instansi.
Dalam menjalankan suatu bisnis berhubungan dengan sistem, apalagi akan digunakan oleh staf yang berbeda-beda serta tanggung jawab berbeda pula. Tentu akan menjadi masalah untuk owner dalam menjalankan SOP yang telah ditetapkan.
GuestPro hadir dapat memberikan solusi untuk mengatasi problem tersebut.
Menyediakan fitur tambahan yang dapat membantu mengatur/membatasi izin akses dari masing-masing fitur maupun modul per departemen.
Tertarik mengetahui GuestPro lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.