Pengertian Segmentasi Pasar Hotel Dan Jenis Kategorinya

Segmentasi Pasar Hotel
Blog

Pengertian Segmentasi Pasar Hotel Dan Jenis Kategorinya

Menentukan segmentasi pasar hotel yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk pemasaran hotel. Langkah ini bisa dikatakan sebagai awal untuk menjangkau pasar yang relevan dan terarah.

Dalam blog ini, kita akan secara khusus membahas mengenai pengertian, kategori, dan cara menentukan segmentasi pasar hotel.

Pengertian Segmentasi Pasar Hotel

Tamu Keluarga
Tamu Keluarga – Sumber: www.pexels.com

Segmentasi pasar hotel adalah proses membagi pasar menjadi beberapa kategori atau karakteristik seperti demografi, ketertarikan, kebutuhan, dan asalnya.

Pembagian ini sangat penting agar bisa menjalankan strategi pemasaran hotel agar lebih terarah dan dapat menjangkau target pasar yang lebih potensial.

Dengan ini, pihak hotel juga dapat mengenal lebih jauh tentang tamu mereka, mengidentifikasi apa yang dibutuhkan tamu, dan menyediakan produk atau layanan yang lebih relevan untuk tamu.

Kategori Segmentasi Market Hotel

Tamu Traveler
Tamu Traveler – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa kategori yang umum dipakai dalam segmentasi market hotel.

Berdasarkan Negara Asal Tamu

Segmentasi tamu ini dibagi menurut negara asal tamu. Contohnya: American, Asian, Australian, China, European, Japan, dan Middle East.

Berdasarkan Tujuan Kunjungannya

Segmentasi tamu ini dibagi menurut tujuan kunjungan tamu. Contohnya: business, leisure, honeymoon, adventure, dan shopping.

Berdasarkan Kecenderungan Usia

Segmentasi tamu ini dibagi menurut usia atau kehidupan tamu. Contohnya: remaja, pelajar, mahasiswa, pasangan muda (young couple), keluarga (family), dan pensiunan (retired).

Berdasarkan Jumlah Rombongan

Sementasi tamu ini dibagi menurut jumlah tamu saat menginap di hotel. Contohnya: individual dan group.

Baca juga:  Pengertian Cross Selling Hotel Hingga Contoh Penerapannya

Cara Menentukan Segmentasi Pasar Hotel

Tamu Pembisnis
Tamu Pembisnis – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah contoh analisis sederhana untuk mengenali segmentasi hotel:

Lakukan Penelitian Pasar

Lakukan survei dan analisis pasar untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang tren dan kecenderungan di industri perhotelan. Ini dapat mencakup data demografis, perilaku perjalanan, dan preferensi pelanggan.

Identifikasi Kriteria Segmentasi

Menetapkan kriteria segmentasi yang relevan dengan hotel. Contohnya:

  • Demografis: Usia, jenis kelamin, status pernikahan.
  • Geografis: Asal negara atau kota.
  • Psikografis: Gaya hidup, minat, nilai-nilai.
  • Analisis Data Tamu

Mengevaluasi data tamu yang telah dikumpulkan dari reservasi, pendaftaran, dan umpan balik pelanggan. Identifikasi pola-pola umum dan perbedaan di antara tamu.

Pembagian Pasar

Mengelompokkan tamu ke dalam segmen berdasarkan karakteristik yang telah diidentifikasi. Contohnya:

  • Wisatawan Bisnis: Tamu yang melakukan perjalanan untuk tujuan bisnis.
  • Liburan Keluarga: Keluarga yang mencari akomodasi yang ramah keluarga.
  • Pasangan Romantis: Pasangan yang mencari pengalaman romantis.

Demikianlah pembahasan mengenai segmentasi pasar hotel ini. Semoga blog ini bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Free Consultation

    en_USEnglish