9 Peralatan Front Office Yang Umum Digunakan Pada Hotel

Peralatan Front Office
Blog

9 Peralatan Front Office Yang Umum Digunakan Pada Hotel

Peralatan front office adalah peralatan yang digunakan untuk mendukung operasi bisnis di bagian kantor depan. Alat-alat ini berfungsi untuk memudahkan staff di dalam penerimaan, pendaftaran, hingga melayani tamu.

Pada dasarnya, setiap hotel memiliki standar yang berbeda-beda dalam kegiatan operasional mereka. Begitu juga dengan penggunaan peralatan front office ini tentu dapat berbeda-beda pula.

Peralatan Front Office

Resepsionis Menerima Tamu Hotel
Ilustrasi Resepsionis Menerima Tamu – Sumber: www.unsplash.com

Berikut adalah beberapa jenis peralatan yang umum digunakan pada front office.

Bill Rack

Bill rack merupakan rak yang digunakan untuk menyimpan bill tagihan tamu serta bill pendukung lainnya. Penyusunannya biasanya berdasarkan nomor kamar tamu.

Front Office Counter

Front office counter merupakan sebuah meja panjang yang biasanya dapat dijumpai di bagian kantor depan. Meja ini digunakan sebagai tempat untuk menerima kedatangan tamu oleh staff resepsionis hotel.

Selain itu, meja ini juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sebagian peralatan dan perlengkapan dari kantor depan.

Staff Front Office Hotel
Ilustrasi Front Office Hotel – Sumber: www.unsplash.com

Komputer

Komputer merupakan peralatan yang saat ini wajib ada di setiap kantor depan hotel. Fungsi dapat mencakup berbagai hal, salah satunya adalah tempat mengoperasikan sistem reservasi hotel.

Penggunaan komputer tentu membawa beberapa kemudahan dibandingkan sistem manual seperti penyimpan data yang lebih mudah hingga pengasksesan data yang lebih cepat.

Luggage Trolley

Luggage trolley merupakan alat yang berbentuk meja dorong dengan roda. Umumnya, digunakan untuk membawa barang bawaan tamu dalam jumlah banyak.

Staff porter atau bellboy biasanya akan menggunakan trolley ini ketika membawa barang tamu ke kamar hotel.

Mesin EDC (Electronic Data Capture)

Mesin EDC merupakan alat yang digunakan untuk memproses pembayaran tamu khususnya yang bersifat non-tunai seperti kartu kredit atau kartu debit.

Baca juga:  Manfaat Sistem Reservasi Hotel Dan Bagaimana Tips Memilihnya

Room Rack

Room rack merupakan rak yang digunakan untuk menyimpan data-data status kamar di hotel.

Saat ini, peralatan ini mungkin mulai jarang digunakan karena informasi status kamar di sebagian besar hotel umumnya sudah terdata pada sistem komputer.

Front Office Counter
Ilustrasi Front Office Counter – Sumber: www.unsplash.com

Reservation Rack

Reservation rack merupakan rak yang digunakan sebagai tempat menyimpan slip reservasi. Biasanya penyusunan ditata berdasarkan tanggal kedatangan serta jenis tamu hotel.‰

Safe Deposit Box

Safe Deposit Box merupakan kotak brankas yang digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga tamu seperti paspor, perhiasan, uang, dan lain sebagainya.

Saat digunakan, brankas ini biasanya diletakan di ruangan khusus yang aman.

Bagi tamu yang tinggal di hotel, fasilitas ini dapat digunakan tanpa biaya tambahan. Apabila tamu tidak tinggal di hotel, biasaya akan dikenakan biaya sewa.

Telepon

Telepon merupakan alat yang digunakan berkomunikasi bagi staff hotel dan juga tamu.

Para staf biasanya menggunakan itu untuk bisa saling berkoordinasi dan juga berkomunikasi kepada tamu yang berada di kamar.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa peralatan front office ini. Mungkin ini dapat berbeda-beda di setiap hotel tergantung pada keperluan operasional masing-masing.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian