Mengetahui Jenis Komunikasi Perhotelan Dan Pengertiannya

Komunikasi Perhotelan
Blog

Mengetahui Jenis Komunikasi Perhotelan Dan Pengertiannya

Komunikasi perhotelan merupakan salah satu poin penting untuk terciptanya kelancaran kegiatan operasional. Dalam komunikasi ini biasanya melibatkan pihak manejer, staff, dan tamu.

Dalam menyampaikan komnunikasi, setiap individu harus selalu memperhatikan hal-hal seperti cara bicara, mendengarkan, dan sikap tubuh. Semua itu penting agar informasi dapat tersampaikan dengan baik.

Jenis Komunikasi Perhotelan

Jenis Komunikasi Perhotelan
Staff Resepsionis Di Hotel – Sumber: www.pexels.com

Berikut ada beberapa jenis komunikasi dalam industri perhotelan.

Komunikasi Vertical

Jenis komunikasi ini dilakukan antara atasan ke bawahan atau bawahan ke atasan. Contohnya adalah kegiatan komunikasi antara seorang supervisor dan bawahannya ketika mengadakan briefing.

Komunikasi Horizontal

Jenis komunikasi ini dilakukan antar staff dengan posisi atau jabatan setingkat. Contohnya adalah komunikasi antara staff front desk dengan bellboy atau komunikasi antara room supervisor dengan resepsionis supervisor.

Komunikasi Diagonal

Jenis komunikasi ini dilakukan antara atasan ke bawahan atau sebaliknya, bedanya ini dalam departemen yang berbeda. Contohnya adalah komunikasi antara front desk dengan room supervisor.

Bentuk Komunikasi Perhotelan

Bentuk Komunikasi Dalam Perhotelan
Staff Hotel Sedang Melakukan Komunikasi – Sumber: www.pexels.com

Bentuk komunikasi dalam industri hotel ini dapat dikelompokan menjadi 8 jenis, yaitu:

  1. Internal Communication, yaitu: komunikasi di dalam lingkungan kerja atau masih sesama lingkup rekan kerja.
  2. External Communication, yaitu: komunikasi di luar kingkungan kerja atau komunikasi dengan rekan bisnis.
  3. Verbal Communication, yaitu: komunikasi menggunakan person intellectual atau penggunaan kata-kata.
  4. Non-Verbal Communication, yaitu: komunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh, gesture tubuh, ekspresi muka, dan lain-lain.
  5. Face to Face, yaitu: komunkasi yang dilakukan secara berhadap-hadapan atau bertatap muka.
  6. Non-Visible, yaitu: komunikasi yang tidak tampak atau tidak langsung. Misalnya: telepon, chating, email, SMS, surat, dan lain-lain.
  7. Mother Tongue and in Different Language, yaitu: komunikasi dengan menggunakan dialek dan bahasa yang berbeda.
  8. Private Communication Due to Business Reason, yaitu: komunikasi yang dilakukan secata pribadi atau komunikasi dengan alasan bisnis.
Baca juga:  Ide Konsep Hotel Unik Yang Dapat Menarik Perhatian Tamu

Demikianlah pembahasan mengenai komunikasi perhotelan ini. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • https://www.dailytripp.my.id/2020/09/enis-jenis-atau-bentuk-komunikasi-dalam-perhotelan.html

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian