Pengertian Target Pasar Hotel Dan Cara Menentukannya

Target Pasar Hotel
Blog

Pengertian Target Pasar Hotel Dan Cara Menentukannya

Menentukan target pasar hotel merupakan salah satu langkah penting di dalam mencapai keberhasilan bisnis perhotelan.

Dengan menentukan target pasar, hotel akan lebih mudah dalam strategi pemasaran hingga mengidentifikasi peluang bisnis.

Di bawah ini, kita akan membahas mengenai target market hotel yang meliputi pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi, manfaat, hingga cara menentukannya.

Pengertian Target Pasar Hotel

Pengertian Target Pasar Hotel
Pengertian Target Pasar Hotel – www.pexels.com

Sederhananya, target pasar merupakan kelompok pelanggan yang diincar oleh suatu produk atau layanan.

Dalam konteks perhotelan, target pasar hotel ini merujuk pada segmentasi pasar yang ditetapkan oleh hotel berdasarkan konsep dan visi hotel serta kebutuhan tamu.

Misalnya, hotel bisnis mungkin mengincar calon tamu yang berkerja atau menjabat di suatu korporat. Sebab, jenis calon tamu ini umumnya memerlukan fasilitas rapat dan layanan bisnis seperti ruang meeting.

Contoh lainnya, resort mewah biasanya menargetkan pasar kepada pasangan yang mencari pengalaman liburan yang istimewa.

Faktor Yang Mempengaruhi

Hotel View Pantai
Hotel View Pantai – www.pexels.com

Klasifikasi Hotel

Hotel dapat diklasifikasikan menjadi berbagai jenis seperti hotel berdasarkan bintang. Klasifikasi hotel ini dapat mempengaruhi target market yang diincar.

Jenis hotel bintang 5 biasanya menargetkan segmen pasar yang mencari pengalaman mewah dan pelayanan.

Sedangkan,  hotel hotel bintang rendang lebih cenderung menargetkan pelanggan yang mencari akomodasi terjangkau.

Kategori Harga

Hotel yang menawarkan tarif yang tinggi bisa ditujukan untuk segmen pasar yang mencari kualitas dan kehidupan hotel.

Sementara hotel dengan harga terjangkau akan lebih menarik bagi pelanggan yang memiliki anggaran terbatas.

Target Market Untuk Hotel
Target Market Untuk Hotel – www.pexels.com

Lokasi Hotel

Hotel yang berada di pusat kota bisa menarik lebih banyak pelanggan bisnis. Sedangkan, hotel yang berada di daerah dekat tempat wisata mungkin menarik lebih banyak turis.

Baca juga:  Bisakah Check In Hotel Tengah Malam? Cari Tau Di Sini!

Fasilitas Dan layanan

Hotel yang menyediakan ruang pertemuan, akses internet yang cepat, dan fasilitas khusus untuk bisnis akan lebih menarik bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan bisnis.

Ini tentu berbeda dengan hotel-hotel yang menyediakan pemandangan yang indah. Yang mana akan lebih menarik wisatawan yang sedang melakukan liburan.

Manfaat

Swimming Pool Hotel
Swimming Pool Hotel – www.pexels.com

Memudahkan Pemasaran

Dengan mengetahui target pasar, hotel dapat menyesuaikan produk dan strategi marketing mix yang dijalankan dengan lebih efektif.

Mengembangkan Produk Dan Layanan

Dengan memahami target market, hotel dapat menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan, sehingga meningkatkan kinerja bisnis.

Meningkatkan Kepuasan Tamu

Dengan memahami target market, hotel dapat menyesuaikan layanan dan fasilitas yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan tamu, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas tamu.

Mengidentifikasi Peluang Bisnis

Dengan mengetahui target market, hotel dapat mengidentifikasi peluang bisnis yang mungkin belum dijelajahi sebelumnya, sehingga memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing.

Cara Menentukan Target Pasar Hotel

Cara Menentukan Target Market Hotel
Cara Menentukan Target Market Hotel – www.pexels.com

Menyesuaikan Klasifikasi Hotel

Memahami klasifikasi hotel merupakan langkah pertama di dalam menentukan target market hotel.

Hotel berbintang biasanya menargetkan calon tamu yang mencari pelayanan mewah dan pelayanan yang eksklusif.

Sedangkan, hotel budget biasanya lebih cenderung menargetkan pelanggan yang mencari akomodasi terjangkau.

Memperhatikan Kategori Harga

Memperhatikan kategori harga juga penting di dalam menentukan target pasar hotel.

Hotel yang menawarkan tarif yang tinggi biasanya ditujukan untuk segmen pasar yang mencari kualitas unggulan.

Sedangkan, hotel dengan harga terjangkau akan dapat menarik calon tamu yang mungkin hanya memiliki anggaran terbatas.

Mempertimbangkan Lokasi Hotel

Lokasi hotel juga bisa mempengaruhi target hotel. Hotel yang berada di pusat kota biasanya menargetkan calon tamu yang mencari kemudahan akses ke tempat-tempat wisata dan perbelanjaan.

Baca juga:  Standar Dan Prosedur Memasuki Kamar Hotel Secara Umum

Sedangkan, hotel yang berada di pinggiran kota atau daerah pedesaan lebih cocok untuk pelanggan yang menginginkan ketenangan dan kesejukan.

Demikianlah pembahasan mengenai target pasar hotel ini. Semoga bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian