8 Jenis Bed di Hotel dan Ukurannya, Kenali Apa bedanya!

Jenis Jenis Bed di Hotel dan Ukurannya
Blog

8 Jenis Bed di Hotel dan Ukurannya, Kenali Apa bedanya!

Dalam menyediakan fasilitas-fasilitas kamar hotel, salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah jenis jenis bed di hotel dan ukurannya.

Bed atau tempat tidur ini bisa dikatakan komponen utama yang harus ada di suatu kamar hotel. Maka dari itu, pastikan anda menyediakan jenis bed yang tepat untuk menunjang kenyamanan tamu yang menginap di hotel anda.

Lalu, apa saja jenis bed yang umumnya digunakan di hotel? Apabila anda belum mengenal tentang itu. Mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

Jenis Jenis Bed di Hotel dan Ukurannya

Single Bed

Single Bed
Single Bed – sumber: www.unsplash.com

Jenis tempat tidur yang paling umum digunakan pada kamar hotel. Cocok digunakan untuk satu orang (solo traveler) dan biasanya ditemui pada tipe kamar-kamar tunggal.

Untuk di Indonesia, rata-rata ukuran single bed ini berada di antara 100 cm x 200 cm atau 90 cm x 200 cm. Tapi, ada juga yang lebih besar.

Selain itu, jenis bed ini juga sering dipakai sebagai bed tambahan untuk anak-anak ketika menginap dengan keluarga mereka.

Double Bed

Double Bed
Double Bed – sumber: www.unsplash.com

Jenis tempat tidur ini biasanya direkomendasikan kepada tamu yang menginginkan satu tempat tidur yang pas untuk dua orang.

Sehingga, umumnya dipilih oleh tamu-tamu berpasangan atau suami istri yang mengajak satu anak-anak.

Ukuran rata-rata double bed di Indonesia umumnya berkisar 140 cm x 200 cm. Dengan kata lain, bisa dikatakan double bed ini lebih luas daripada single bed.

Baca juga:  Pengertian Walk in Guest Di Hotel Dan Prosedur Pelayanannya

Twin Bed

Kode Status Kamar Hotel
Kode Status Kamar Hotel – sumber: www.unsplash.com

Twin bed ini bisa dibilang hampir sama dengan single bed, hanya saja berjumlah dua bed ditempatkan berdampingan pada satu kamar yang sama.

Ukurannya pun rata-rata sama dengan single yaitu 90 cm x 200 cm atau 100 cm atau 200 cm yang dirancang untuk satu orang saja.

Twin Bed ini juga populer dipesan oleh tamu di hotel karena sangat cocok untuk mereka menginginkan privasi atau beristirahat dengan nyaman.

Sebagai contoh tamu yang menginginkan tempat tidur ini adalah dua rekan kerja yang sedang dalam satu perjalanan dinas yang sama atau 2 teman yang sedang berlibur.

King Bed

King Bed
King Bed – sumber: www.unsplash.com

Jenis bed ini mempunyai ukuran yang lebih besar daripada jenis yang lainnya yaitu 180 cm x 200 cm. Biasanya banyak ditemui pada tipe kamar berfasilitas lengkap atau suite room.

Jenis bed ini cocok untuk mereka yang menginginkan kapasitas tempat tidur lebih lega selama menginap. Sehingga, sering direkomendasikan untuk tamu yang membawa keluarga atau yang berpasangan.

Queen Bed

Queen Bed
Queen Bed – sumber: www.unsplash.com

Jenis bed ini termasuk populer ditemukan di hotel. Memiliki ukuran 160 cm x 120 cm sehingga lebih besar dari double bed dan lebih kecil dari king bed.

Ukuran ini sangat pas untuk menampung dua orang dewasa tanpa harus saling berdesakan. Ini juga pilihan ideal untuk tamu yang berpasangan dan pilihan alternatif bila tidak ada double bed.

California King Bed

California King Bed
California King – sumber: www.unsplash.com

Atau yang juga dikenal dengan Cal King ini merupakan varian dari jenis King Bed. Ukurannya lebih besar dari Queen Bedatau Double Bed yaitu sekitar 183 cm x 213 cm.

Dilihat dari ukuran ini, dapat dikatakan bed ini merupakan salah satu yang terbesar yang umumnya disediakan di hotel.

Baca juga:  6 Cara Berkomunikasi Dengan Tamu Di Hotel Yang Wajib Diketahui

Jenis bed ini dapat menampung 4 orang sekaligus sehingga sangat cocok untuk dipilih satu keluarga yang terdiri suami, istri, dan 2 anak-anak.

Extra Bed

Extra Bed
Extra Bed – sumber: www.unsplash.com

Istilah Extra Bed ini merujuk pada tempat tidur yang umumnya disediakan oleh pihak hotel. Bed tambahan ini dapat dipesan oleh tamu bila tempat tidur yang disediakan dirasa kurang memadai.

Umumnya akan dipesan tamu yang membawa keluarga terutama yang membawa anak-anak. Pemesanan bed tambahan akan menjadi opsi terbaik dibandingkan memesan kamar tambahan karena jauh lebih terjangkau.

Baby Cot Bed

Baby Cot Bed
Baby Cot Bed – sumber: www.unsplash.com

Jenis bed ini juga dikenal dengan crib, merupakan jenis tempat tidur yang disediakan khusus oleh hotel untuk bayi atau balita.

Tempat tidur ini memiliki ukuran kecil dan didesain khusus untuk keamanan dan kenyamanan bayi. Biasanya dilengkapi pagar di sampingnya untuk mencegah bayi terjatuh.

Tamu yang membawa bayi bisa merequestbed saat memesan kamar hotel. Namun, baby cot ini tidak tersedia semua hotel.

Perbedaan Double Bed Dan Twin Bed

Perbedaan Double Bed Dan Twin Bed
Perbedaan Double Bed Dan Twin Bed – sumber: www.unsplash.com

Sebagai tambahan, banyak yang masih bingung mengenai “Perbedaan Double Bed dan Twin bed”. Sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Lebih lengkap, bisa dilihat di bawah ini.

Ukuran Bed

Seperti yang sudah dibahas di atas, double bed dikenal sebagai full bed dan memiliki 140 cm x 200 cm. Sedangkan, twin bed dikenal sebagai single bed dan memiliki ukuran 90 cm x 200 cm, hanya lebih dari satu bed dalam satu kamar.

Kapasitas

Double bed dirancang untuk ukuran dua orang dewasa dalam satu bed. Sedangkan, Twin bed dimana setiap bednya memiliki ukuran yang hanya pas satu orang dewasa.

Preferensi Tamu

Double bed lebih ditujukan kepada tamu hotel yang ingin tidur bersama, terutama pasangan. Sedangkan, twin bed untuk tamu yang ingin tidur sendirian atau tidur terpisah.

Baca juga:  Jenis-Jenis Paket Hotel Untuk Menarik Perhatian Calon Tamu

Demikianlah blog yang membahas jenis-jenis bed di hotel. Sebagai pelaku pariwisata, tentunya hal ini penting untuk diketahui.

Dengan memahami masing-masing jenis bed ini, anda nantinya akan lebih mudah mengetahui kebutuhan tamu serta memberikan pelayanan yang lebih tepat.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

Eror: Formulir kontak tidak ditemukan.

id_IDIndonesian