Memahami Proses Mapping Data Hotel Pada Online Travel Agent
Memahami Proses Mapping Data Hotel Pada Online Travel Agent
Mapping data hotel pada Online Travel Agent (OTA) adalah proses pencocokan dan sinkronisasi informasi hotel antara sistem hotel dengan platform-platform OTA.
Informasi ini mencakup detail seperti nama hotel, lokasi, tipe kamar, harga, ketersediaan, fasilitas, dan kebijakan lainnya.
Proses mapping ini sangat penting untuk menghindari ketidakkonsistenan informasi hotel terdaftar di berbagai OTA seperti Traveloka, Booking.com, dan lain sebagainya.
Fungsi Mapping Data Hotel

Mapping data hotel memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:
Menjaga Konsistensi Data
Mapping memungkinkan informasi yang ditampilkan di berbagai OTA selalu sama dengan data yang ada di sistem hotel, menghindari ketidaksesuaian harga atau fasilitas
Meminimalisir Double Booking
Dengan sistem mapping yang baik, ketersediaan kamar dapat diperbarui secara real-time di berbagai OTA sehingga mengurangi risiko double booking atau overbooking.
Memudahkan Pengelolaan Harga dan Promosi
Hotel dapat dengan mudah mengatur harga dan promosi yang berlaku secara seragam di berbagai platform, meningkatkan efektivitas strategi penjualan.
Mengoptimalkan Distribusi Kamar
Dengan data yang terhubung dan terkelola dengan baik, hotel dapat memastikan bahwa setiap kamar yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal di berbagai platform pemesanan.
Meningkatkan Kepercayaan Tamu
Informasi yang akurat dan konsisten di semua OTA meningkatkan kepercayaan tamu, mengurangi keluhan, dan memperbaiki reputasi hotel.
Penerapan Mapping Data Hotel

Penerapan mapping data hotel di OTA memerlukan teknologi dan sistem manajemen yang terintegrasi.
Dalam hal ini, anda dapat menggunakan Hotel Channel Manager. Dengan teknologi ini, anda dapat menghubungkan sistem manajemen hotel (juga sering dikenal PMS) dengan berbagai Online Travel Agent.
Selain itu, penggunaan channel manager juga akan memudahkan anda dalam proses pembaruan informasi seperti ketersediaan dan harga kamar di setiap OTA.
Perubahan data ini cukup dilakukan melalui satu dashboard saja sehingga akan menghemat waktu anda daripada harus mengupdate satu per satu di OTA.
Untuk lebih detail tentang solusi yang ditawarkan oleh teknologi Channel Manager ini, anda dapat melakukan konsultasi melalui WhatsApp atau Request Demo.
