Mengenal Arti Wake Up Call Service Dalam Dunia Perhotelan
Mengenal Arti Wake Up Call Service Dalam Dunia Perhotelan
Wake up call service merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh hotel untuk tamu. Layanan ini sering dipakai tamu untuk berbagai tujuan.
Untuk lebih lengkap mengenai istilah wake-up call service ini, mari lanjut scroll untuk menelusuri lebih jauh.
Pengertian Layanan Wake-Up Call di Hotel
Dalam istilah perhotelan, wake up call adalah layanan yang disediakan oleh hotel untuk membangunkan tamu melalui panggilan telepon.
Seperti yang sudah diketahui, setiap tamu mempunyai tujuan yang berbeda-beda Ketika menginap di hotel. Ada yang memang menginap untuk tujuan berlibur dan ada juga untuk perjalanan bisnis.
Khusus tamu yang melakukan perjalanan bisnis, tentu mereka hanya mempunyai sedikit waktu untuk beristirahat. Tak jarang juga mereka harus bangun pagi-pagi untuk meninggalkan hotel untuk kegiatan bisnis.
Selain itu, ada juga tamu yang harus check out di pagi hari dan bergegas berangkat ke bandara agar tidak ketinggalan pesawat.
Dalam keadaan seperti inilah, tamu biasanya akan menggunakan layanan wake-up call agar tidak bangun terlambat.
Cara Tamu Menggunakan Layanan Wake-Up Call
Untuk menggunakan layanan ini, ada 2 cara yang dapat dilakukan oleh tamu, yaitu:
Cara Otomatis (Automatic)
Tamu dapat mengatur waktu sendiri melalui telepon yang tersedia di kamar. Umumnya terdapat nomor atau tombol khusus yang dapat digunakan untuk panggilan bangun ini. Nanti telepon akan berbunyi secara otomatis berdasarkan waktu yang sudah ditentukan.
Cara Manual
Tamu tamu dapat meminta bantuan ke pihak Front Office (resepsionis atau operator telepon) untuk membangunkan sesuai waktu yang diinginkan.
Tidak lupa juga tamu memberikan informasi mengenai nama, nomor kamar, waktu bangun yang diinginkan. Lalu, pihak Front Office akan mencatat informasi tersebut ke daily wake-up call list.
Kendala-Kendala Yang Mungkin Ditemui
Dalam melayani wake up call, terkadang mungkin terjadi kendala-kendala seperti:
Tamu Tidak Menjawab Panggilan
Saat petugas sudah membangunkan tamu melalui telepon. Terkadang tamu bisa saja tidak merespon. Ini mungkin terjadi apabila mereka belum bangun.
Telepon Tidak Berfungsi Dengan Baik
Terkadang kendala teknis bisa saja muncul seperti telepon mengalami masalah. Sehingga, panggilan tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh petugas hotel.
Telepon Tamu Dalam Keadaan Tidak Tertutup Dengan Benar
Ini biasanya terjadi ketika selesai menelpon tamu belum memposisikan telepon dengan benar. Sehingga, ini dapat memicu nada sibuk.
Ketika menemui kendala-kendala seperti yang disebutkan di atas, petugas hotel dapat melaporkan ke manager yang sedang betugas (Duty Manager). Selanjutnya, manager biasanya akan mengutus Bellboy atau petugas security sebagai saksi untuk membangunkan tamu tersebut.