Kemudahan Mengelola Room Inventory Dengan GuestPro PMS

Room Inventory
Blog

Kemudahan Mengelola Room Inventory Dengan GuestPro PMS

Room inventory adalah jumlah dan jenis kamar yang tersedia di sebuah hotel pada suatu waktu tertentu.

Ini mencakup informasi seperti kategori kamar (standar, deluxe, suite), jumlah tempat tidur, fasilitas, serta harga yang ditetapkan.

Pengelolaan room inventory ini sangat penting untuk dilakukan untuk memaksimalkan pendapatan dan menghindari kesalahan dalam distribusi kamar.

Mengapa Room Inventory Perlu Dikelola?

Mengelola Room Inventory Hotel
Mengelola Room Inventory Hotel

Mengelola room inventory sangat penting bagi hotel karena beberapa alasan berikut:

Menghindari Double Booking

Semakin banyaknya channel penjualan seperti OTA (Online Travel Agents), website hotel, dan direct booking lainnya maka risiko double booking semakin tinggi.

Dalam hal ini, penting untuk memastikan bahwa kamar hanya dapat dipesan satu kali oleh satu tamu pada satu waktu.

Memaksimalkan Pendapatan

Dengan memantau ketersediaan kamar dan permintaan pasar, hotel dapat menyesuaikan harga kamar secara dinamis.

Misalnya pada periode permintaan tinggi, harga bisa dinaikkan. Sementara saat permintaan sepi, strategi diskon bisa diterapkan untuk tetap menjaga okupansi.

Optimasi Distribusi Multi-Channel

Hotel sering bekerja dengan berbagai platform terutama Online Travel Agent seperti Booking.com, Expedia, Traveloka, dan lain sebagainya.

Pengelolaan room inventory yang efektif memungkinkan sinkronisasi persediaan kamar di semua channel agar selalu akurat dan update.

Efisiensi Operasional

Dengan pengelolaan room inventory yang baik, tim front office dan housekeeping dapat bekerja lebih efisien dengan data kamar yang selalu diperbarui.

Kemudahan Mengelola Room Inventory Dengan GuestPro PMS

GuestPro PMS Hotel
GuestPro PMS Hotel

Apakah anda masih mengalami kendala dalam mengelola ketersediaan kamar di berbagai platform? GuestPro PMS dapat menjadi solusi terbaik untuk hotel anda.

Baca juga:  Eco Tourism: Peluang Hotel Ramah Lingkungan

Sistem manajemen hotel terintegrasi yang memungkinkan anda mengelola setiap kegiatan di front office dengan professional.

Sinkronisasi Data Otomatis

Integrasi dengan berbagai OTA dan Booking Engine memastikan data kamar selalu up-to-date.

Pantau Data Real-Time

Pantau ketersediaan dan performa kamar secara langsung dalam satu dashboard.

Akses Laporan Keuangan Dengan Mudah

Akses laporan keuangan seperti pendapatan, kas, neraca, laporan laba rugi, forecasting dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Segera beralih ke sistem hotel yang otomatis untuk hasil yang lebih optimal! Konsultasi gratis melalui WhatsApp.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    en_USEnglish