Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Night Audit

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Night Audit
Blog

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Night Audit

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Night Audit

Sumber Unsplash

Closing harian di properti atau biasa disebut dengan Night Audit adalah proses peninjauan transaksi yang terjadi selama satu hari sebelum dijadikan laporan penjualan harian. Proses ini biasanya dilakukan ketika sudah tidak ada aktivitas di bagian reservasi seperti check in dan check out. Jika di properti ada restaurant, biasanya proses ini dilakukan ketika restaurant sudah closing. Sehingga, waktu yang tepat untuk night audit biasanya di malam hari.

Mengapa night audit penting bagi properti ? Berikut beberapa alasannya :

  1. Untuk pengecekan kebenaran transaksi yang terposting selama satu hari.
  2. Melakukan pengecekan antara metode pembayaran dengan jumlah fisik yang diterima untuk menghindari proud.
  3. Night audit juga bisa digunakan untuk closing shift, atau perpindahan dari shit malam ke shift pagi.
  4. Membuat laporan audit harian yang berkaitan dengan transaksi di hari tersebut untuk dilaporkan kepada management. Serta memberikan bukti fisik posting revenue kepada Income Auditor untuk disimpan
Night Audit

Sumber Unsplash

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum proses night audit diantaranya :

  1. Team properti harus memastikan bahwa semua reservasi yang seharus nya check in dan check out di hari tersebut status nya sudah diupdate.
  2. Pastikan detail reservasi yang yang terjadi di hari itu sudah benar semua, seperti rate kamar, agen dari resv, persentase komisi agen jika ada, guest profile juga sudah terupdate.
  3. Dan pastikan juga semua additional bill atau transaksi yang terjadi di room maupun outlet lain seperti restaurant atau spa pada hari tersebut di-posting semua dan statusnya sudah complete.

         Untuk beberapa properti kecil seperti guest house dan homestay proses night audit ini cukup rumit dilakukan karena SDM yang terbatas, sehingga properti memerlukan system yang bisa membantu memudahkan pengelolaan properti. Team properti dapat dengan mudah mengetahui berapa jumlah room sold per hari dan total income outlet per hari melalui night audit. Selain itu, pergerakan cash in dan cash out di hari tersebut juga akan tampil di halaman night audit agar team properti bisa melakukan pengecekan data sebelum closing harian.

Baca juga:  Arti Dari No Show Hotel Serta Dampak Dan Cara Mengatasinya

 

Bagaimana cara menjadi Auditor ?

         Audit adalah proses pengumpulan dan pemeriksaan data guna membentuk suatu laporan yang sesuai antara informasi dan kriteria yang sudah ditetapkan. Untuk menjadi auditor seseorang harus memenuhi beberapa syarat.

Syarat menjadi auditor secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki keahlian dan pelatihan yang cukup untuk menjadi seorang auditor
  2. Bersikap independen terhadap permasalahan yang dihadapi
  3. Menggunakan keahlian secara teliti dan cermat saat mengerjakan tugas sebagai auditor

Kegiatan audit sangat berpengaruh terhadap kelayakan suatu laporan, apakah laporan tersebut dapat dipertanggung jawabkan atau tidak. Penilaian yang dilakukan oleh seorang auditor harus secara objektif dan dilakukan dengan cermat.

 

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Free Consultation

    en_USEnglish