6 Cara Menyambut Tamu Hotel Untuk Kesan Pertama Yang Baik

Cara Menyambut Tamu Hotel
Blog

6 Cara Menyambut Tamu Hotel Untuk Kesan Pertama Yang Baik

Cara menyambut tamu hotel saat check-in dapat menentukan kesan pertama tamu terhadap suatu hotel. Bila cara penyambutan baik tentu akan menentukan kesan yang baik. Sebaliknya, cara penyambutan yang buruk dapat membawa kesan yang buruk juga.

Maka dari itu, penting untuk para staff hotel khususnya bagian penerima tamu atau resepsionis untuk mengetahui bagaimana menyambut tamu yang baik. Berikut ini adalah beberapa langkah menyambut tamu saat tiba di hotel.

Cara Menyambut Tamu Hotel

Memberi Salam (Greeting)

Resepsionis Memberi Tamu Salam
Resepsionis Memberi Tamu Salam – sumber: www.pexels.com

Setibanya tamu di hotel, memberi salam adalah langkah pertama dalam proses penyambutan ini.

Petugas penerima tamu atau staf resepsionis harus bisa bersikap ramah dan murah senyum sembari memberi salam dengan sopan.

Memberi salam akan menciptakan suasana yang hangat dan ramah, serta dapat memberikan kesan positif awal kepada tamu. Dengan ini, tamu akan merasa dihargai dan kedatangan mereka terasa sangat ditunggu-tunggu.

Memperkenalkan Diri kepada Tamu

Memperkenalkan Diri Ke Tamu
Memperkenalkan Diri Ke Tamu – sumber: www.pexels.com

Setelah memberi salam, akan dilanjutkan dengan petugas penerima tamu memperkenalkan diri kepada tamu.

Perkenalan diri dilakukan dengan perkataan sopan dan nada yang lembut. Dengan ini, tamu akan merasa diperlakukan dengan hormat.

Membantu Membawa Barang Bawaan Tamu

Petugas Membantu Barang Bawaan Tamu
Petugas Membantu Barang Bawaan Tamu – sumber: www.pexels.com

Setelah memperkenalkan diri, dilanjutkan dengan membantu barang bawaaan tamu apabila mereka membawa tas, koper, dan lain sebagainya.

Namun, pertama mintalah izin untuk membawa barang mereka. Pastikan mereka memberi izin untuk dibawakan barang-barangnya. Untuk membawa barang-barang tamu biasanya dilakukan oleh seorang porter.

Mengantar Tamu Ke Lobby

Lobby Hotel
Lobby Hotel – sumber: www.pexels.com

Setelah penyambutan, akan dilanjutkan mengantar tamu ke bagian lobby hotel, biasanya terletak dekat di pintu masuk hotel.

Baca juga:  Alasan Kenapa Hotel Perlu Daftar Online Travel Agent

Lobby ini berfungsi sebagai tempat tamu menunggu selama registrasi masih diproses.

Proses Registrasi Tamu

Proses Registrasi Tamu
Proses Registrasi Tamu – sumber: www.pexels.com

Pada tahap proses registrasi ini, tamu akan diminta untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Umumnya akan berisi nomor pemesanan, nama tamu, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, staff penerima atau front office harus memastikan formulir sudah terisi dengan baik dan semua persyaratan sudah terpenuhi.

Selain itu, staff penerima juga akan memberikan penjelasan tentang fasilitas-fasilitas yang ada di hotel seperti restoran, bar, kolam renang, spa, dan lain sebagainya.

Jika tamu ada yang memiliki pertanyaan tentang layanan hotel, staff hotel tentu harus dapat menjawab dan menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan tamu.

Bell Boy Mengantar Tamu ke Kamar

Mengantar Tamu Ke Kamar
Mengantar Tamu Ke Kamar – sumber: www.pexels.com

Setelah proses registrasi selesai, tamu umumnya diberikan guest card (kartu nama), breakfast coupon (kupon sarapan pagi), welcome drink coupon, dan juga kunci kamar.

Selanjutnya, petugas Bell Boy akan membantu mengantar tamu dan membawa barang-barang mereka ke kamar.

Dalam memberikan pelayanan, di sini Bell Boy dituntut harus bisa bersikap ramah, efisien, dan professional.

Nah, itulah beberapa cara menyambut tamu di hotel. Semua itu langkah penting untuk dilakukan guna memberikan kesan pertama yang baik kepada tamu.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian