Manfaat Integrasi Hotel Channel Manager Software Dengan PMS
Manfaat Integrasi Hotel Channel Manager Software Dengan PMS
Hotel Channel Manager Software dan Property Manager System (PMS) merupakan dua sistem yang umumnya dipakai untuk meningkatkan efisiensi operasional dalam industri perhotelan.
Dalam blog ini, kita akan membahas tentang pengertian mengenai channel manager dengan PMS dan apa manfaat integrasi antara kedua sistem ini.
Pengertian Hotel Channel Manager Software Dan PMS

Berikut adalah pengertian channel manager dan property management system.
Channel Manager
Sistem yang dirancang untuk membantu hotel dalam mengelola distribusi kamar ke berbagai channel pemesanan online seperti Online Travel Agent (OTA) – contohnya, Booking.com, Expedia, dan Airbnb.
Beberapa fungsi utama dari channel manager, yaitu:
- Memastikan bahwa ketersediaan kamar diperbarui secara otomatis di semua saluran pemesanan online.
- Mengatur dan mengelola harga kamar serta promosi di berbagai channel dari satu tempat (dashboard).
- Memungkinkan hotel untuk menjangkau lebih banyak tamu potensial dengan mendistribusikan kamar ke banyak channel pemesanan online secara bersamaan.
Property Management System
Sistem manajemen yang dirancang untuk memudahkan hotel di dalam mengelola berbagai aspek operasional sehari-hari, seperti:
- Mengelola semua reservasi baik yang datang dari tamu langsung, telepon, email, atau channel pemesanan online.
- Membantu staf hotel dalam proses check-in dan check-out tamu.
- Mengelola status kamar (misalnya, tersedia, terisi, atau perlu dibersihkan) dan memastikan bahwa informasi ini selalu akurat.
- Mengelola tagihan tamu, pembayaran, dan aspek akuntansi lainnya, termasuk laporan keuangan dan pajak.
- Mencatat permintaan dan preferensi tamu, serta mengelola layanan tambahan seperti pemesanan restoran atau spa.
Manfaat Integrasi Channel Manager Dengan PMS

Meskipun merupakan dua sistem yang berbeda akan tetapi penggunaan channel manager dan PMS ini umumnya saling terintegrasi.
Berikut adalah manfaat dari integrasi antara dua sistem ini.
Pengelolaan Inventaris Yang Lebih Baik
Integrasi antara Channel Manager dan PMS memungkinkan manajer hotel untuk mengelola inventaris kamar mereka secara real-time.
Setiap kali ada perubahan ketersediaan kamar, seperti booking, pembatalan, atau check-out, informasi ini akan diperbarui secara otomatis di semua channel distribusi yang terhubung.
Ini dapat meminimalisir terjadinya risiko overbooking dan memastikan bahwa ketersediaan kamar yang sebenarnya selalu tercermin di semua platform penjualan
Penghematan Waktu Operasional
Dengan adanya integrasi, staf hotel tidak perlu lagi memasukkan data secara manual ke beberapa sistem. Semua data terkait reservasi, ketersediaan kamar, dan harga dapat disinkronkan secara otomatis antara Channel Manager dan PMS.
Sebagai contoh, apabila ada reservasi masuk dari Online Travel Agent, itu akan otomatis masuk ke PMS sehingga staff hotel tidak perlu lagi menginput data secara manual.
Selain itu, integrasi ini akan memudahkan staff hotel di dalam mengatur semua harga kamar di semua channel dengan melalui satu dashboard saja.
Hal ini tentu dapat mengurangi pekerjaan administratif yang bersifat mengulang (repetitif) dan mengurangi terjadi kesalahan input (human error).
Apabila anda sedang mencari sistem channel manager dan PMS yang saling dapat terintegrasi dengan baik, coba gratis sekarang melalui request demo atau silahkan konsultasi melalui Whatsapp.
