8 Platform Untuk Menerapkan Social Media Marketing Hotel

Social Media Marketing Hotel
Blog

8 Platform Untuk Menerapkan Social Media Marketing Hotel

Social media marketing hotel merupakan salah satu strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan brand awareness hingga interaksi audiens pada bisnis hotel.

Saat ini, tersedia banyak sekali platform-platform dimana kita bisa menerapkan social media marketing. Dengan miliaran pengguna aktif setiap hari, ini akan memberikan kesempatan bisnis kita untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan membuat bisnis hotel semakin dikenal.

Social Media Marketing Hotel

Social Media Hotel
Social Media Hotel – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa rekomendasi platform untuk menerapkan strategi pemasaran hotel melaluisocial media.

Instagram

Instagram adalah salah satu platform terbaik untuk hotel karena fokusnya pada konten visual melaui foto atau video.

Hotel dapat memanfaatkan fitur seperti Instagram Stories, IGTV, dan galeri foto untuk membagikan gambar dan video berkualitas tinggi tentang akomodasi mereka, restoran, dan fasilitas.

Pengguna Instagram cenderung merespons baik pada konten yang estetik. Sehingga, hotel dapat menciptakan brand image yang kuat melalui platform ini.

Facebook

Facebook tetap menjadi platform sosial media terbesar dengan beragam alat pemasaran.

Hotel dapat membuat halaman bisnis untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan, menanggapi ulasan, dan membagikan berita terkini.

Selain itu, ada juga fitur iklan Facebook yang memungkinkan hotel untuk menargetkan audiens spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku sehingga dapat mencapai tamu yang tepat.

Suasana Hotel Di Sore Hari
Suasana Hotel Di Sore Hari – Sumber: www.pexels.com

TikTok

TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer dengan video pendek. Bagi hotel, TikTok bisa menjadi alat pemasaran yang efektif karena penggunanya beragam dan platform ini menawarkan cara kreatif untuk berinteraksi dengan audiens.

Beberapa cara untuk menggunakan TikTok dalam pemasaran hotel melibatkan membuat video singkat yang menampilkan keindahan fasilitas, menantang tamu untuk berpartisipasi dalam konten kreatif, atau memberikan pandangan di balik layar kehidupan sehari-hari di hotel.

Baca juga:  Ide Konsep Hotel Unik Yang Dapat Menarik Perhatian Tamu

Dengan menggunakan fitur seperti hashtag, kolaborasi dengan pengguna terkenal, dan bahkan iklan berbayar, hotel dapat meningkatkan visibilitas mereka dan terhubung dengan audiens yang lebih luas.

LinkedIn

Apabila hotel anda memiliki fasilitas konferensi atau menyediakan layanan untuk pelanggan korporat, maka LinkedIn adalah platform yang sangat efektif.

Dengan membagikan konten yang relevan dengan dunia perjalanan bisnis, hotel dapat menarik perhatian perusahaan-perusahaan tertentu.

Ini juga merupakan tempat yang baik untuk membangun hubungan bisnis dengan mitra potensial.

Tamu Bersantai Di Depan Kolam Renang Hotel
Tamu Bersantai Di Depan Kolam Renang Hotel – Sumber: www.pexels.com

Pinterest

Pinterest adalah platform visual yang sangat baik untuk menyebarkan inspirasi perjalanan.

Hotel dapat membuat papan mood dengan gambar-gambar menarik dari kamar, restoran, dan destinasi sekitar.

Ini dapat membantu menarik perhatian calon tamu yang mencari pengalaman unik dan memberikan ide untuk perjalanan mereka.

X

X atau yang sebelumnya dikenal dengan Twitter ini adalah tempat yang baik untuk berinteraksi secara real-time dengan tamu, menanggapi pertanyaan atau masukan dengan cepat.

Hotel dapat memanfaatkan X untuk memberikan penawaran spesial, diskon, atau mengiklankan acara khusus. Kampanye hashtag juga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan partisipasi pengguna.

Platform Untuk Memasarkan Hotel
Platform Untuk Memasarkan Hotel – Sumber: www.pexels.com

YouTube

Video menjadi semakin populer dalam strategi pemasaran, dan YouTube adalah platform terkemuka dalam hal ini.

Hotel dapat membuat video tur virtual, ulasan tamu, atau bahkan konten tentang kehidupan di sekitar hotel.

Konten video memberikan pengalaman yang lebih mendalam kepada calon tamu dan dapat meningkatkan keterlibatan secara signifikan.

TripAdvisor

TripAdvisor bukan hanya platform ulasan, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif.

Hotel dapat memastikan profil mereka diperbarui dengan informasi terkini, menanggapi ulasan dengan positif, dan mempromosikan penawaran khusus melalui platform ini.

Ulasan positif di TripAdvisor dapat memberikan dorongan besar terhadap kepercayaan calon tamu.

Baca juga:  Amenities Hotel: Pengertian, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya

Apabila sudah mendapatkan kepercayaan dari calon tamu, maka mereka tidak akan ragu untuk memesan kamar.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa platform yang bisa digunakan untuk menerapkan sosial media marketing untuk hotel. Semoga bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian