Pengertian Komisi OTA Dan Dampaknya Bagi Bisnis Hotel Anda

Komisi OTA Hotel
Blog

Pengertian Komisi OTA Dan Dampaknya Bagi Bisnis Hotel Anda

Pendaftaran hotel di Online Travel Agent (OTA) seperti Booking.com, Agoda, Expedia, dan Traveloka memang cara efektif untuk meningkatkan peluang tingkat hunian.

Namun, dalam penggunaannya, hotel akan dikenakan komisi untuk setiap ada pemesanan melalui platform-platform OTA tersebut.

Pengertian Komisi OTA Hotel

Online Travel Agent Komisi
Online Travel Agent Komisi

Komisi OTA adalah persentase dari total harga pemesanan yang dibayarkan hotel kepada OTA sebagai biaya layanan untuk setiap reservasi yang dilakukan melalui platform tersebut.

Persentase komisi ini dapat bervariasi di setiap platform OTA, biasanya berkisar antara 10% hingga 25% dari tarif kamar yang dipesan.

Dampak Komisi OTA Pada Bisnis Hotel

Dampak Komisi OTA Bagi Hotel
Dampak Komisi Bagi Hotel

Peningkatan Biaya Operasional

Komisi dari OTA dapat mengurangi profitabilitas hotel terutama bagi hotel kecil dan menengah yang bergantung pada pemesanan dari OTA.

Ketergantungan Pada OTA

Banyak hotel menjadi sangat bergantung pada OTA sebagai sumber utama pemesanan.

Hal ini dapat menyebabkan kurangnya kontrol atas distribusi harga dan strategi pemasaran hotel itu sendiri.

Persaingan Harga Yang Ketat

OTA sering kali mendorong perang harga di antara hotel yang terdaftar di platform mereka.

Selain itu, diskon dan promosi yang ditawarkan OTA dapat menekan harga kamar dan merugikan margin keuntungan hotel.

Pengurangan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang memesan melalui OTA cenderung lebih loyal kepada platform OTA tersebut dibandingkan dengan hotel itu sendiri.

Ini akan menyulitkan anda dalam membangun hubungan jangka panjang dengan tamu anda.

Baca juga:  9 Peralatan Front Office Yang Umum Digunakan Pada Hotel

Strategi Meminimalisir Dampak Komisi OTA Pada Hotel

Seorang Tamu Tiba Di Hotel
Seorang Tamu Tiba Di Hotel

Meningkatkan Direct Booking

Anda dapat mendorong calon tamu anda untuk melakukan direct booking (pemesanan langsung) melalui website yang dilengkapi booking engine.

Untuk menarik perhatian calon tamu, anda juga dapat menawarkan insentif seperti diskon eksklusif, layanan tambahan gratis, atau program loyalitas.

Menerapkan Pemasaran Digital

Anda dapat menerapkan pemasaran digital seperti media sosial, email marketing, dan kampanye digital untuk menarik calon tamu dan mengurangi ketergantungan pada OTA.

Memberikan Pengalaman Menginap Yang Nyaman

Memberikan pelayanan dan fasilitas menginap terbaik dapat meningkatkan loyalitas tamu.

Ketika tamu sudah nyaman dengan pengalaman menginap di hotel anda, maka besar peluang untuk mereka melakukan memesan kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai komisi OTA hotel. Semoga dapat bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    id_IDIndonesian