6 Langkah Efektif Untuk Menerapkan Program Loyalitas Hotel

Program Loyalitas Hotel
Blog

6 Langkah Efektif Untuk Menerapkan Program Loyalitas Hotel

Program loyalitas hotel adalah strategi yang digunakan oleh hotel untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah tamu tetap mereka.

Melalui program ini, pihak hotel memberikan manfaat kepada tamu yang sering menginap. Contohnya: diskon kamar, peningkatan kategori kamar, akses ke fasilitas khusus, atau poin yang dapat ditukarkan fasilitas lainnya.

Cara Kerja Program Loyalitas Hotel

Room Upgrade Hotel
Room Upgrade Hotel – Sumber: www.unsplash.com

Program loyalitas ini umumnya didasarkan pada prinsip sederhana, yaitu semakin sering tamu menginap di hotel tertentu, semakin banyak manfaat (benefit) yang mereka dapatkan.

Tamu yang biasanya mendaftar ke program ini akan diberikan kartu keanggotaan atau nomor keanggotaan khusus. Kartu inilah yang nantinya akan tamu gunakan untuk mengakses berbagai benefit yang ditawarkan hotel.

Setiap kali tamu tersebut menginap di hotel, mereka akan mendapatkan poin atau status level tertentu. Poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai benefit seperti free breakfast, room upgrade, dan lain sebagainya.

Manfaat Penyediaan Program Loyalitas

Free Breakfast Di Hotel
Free Breakfast Di Hotel – Sumber: www.unsplash.com

Meningkatkan Transaksi

Ketika tamu memiliki tujuan mendapatkan suatu benefit tertentu maka mereka tentu harus mencapai poin tertentu terlebih dahulu.

Hal ini akan membuat tamu terpacu untuk meraihnya. Sebagai contoh, dengan kembali menginap atau menggunakan fasilitas tertentu.

Sehingga, ini dapat meningkatkan frekuensi kunjungan dan transaksi pada bisnis hotel anda.

Meningkatkan Kepuasan Tamu

Dengan menawarkan berbagai manfaat kepada tamu setia, ini akan meningkatkan kepuasan tamu.

Baca juga:  11 Jenis Kamar Hotel Dan Fasilitas Yang Tersedia Di Dalamnya

Tamu tentu akan bersedia untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan hotel anda atau bersedia menginap kembali (repeater).

Meningkatkan Reputasi Merek

Ketika tamu sudah puas dengan benefit yang ditawarkan pada program loyalitas. Mereka tentu tidak akan ragu untuk memberikan ulasan positif yang dapat meningkatkan reputasi hotel anda.

Selain itu, besar kemungkinan tamu tersebut juga akan bersedia merekomendasikan hotel kepada orang-orang terdekat mereka.

Langkah Menerapkan Program Loyalitas Hotel

Langkah Menerapkan Program Loyalitas Hotel
Langkah Menerapkan Program Loyalitas Hotel – Sumber: www.unsplash.com

Pahami Tamu Anda Dengan Baik

Langkah pertama dalam mengembangkan strategi program loyalitas adalah dengan memahami tamu anda dengan baik.

Ini bisa dilakukan dengan memahami apa yang tamu anda inginkan. Mulai dari kebiasaan mereka menginap hingga pengalaman apa yang mereka harapkan dari hotel.

Dengan ini, anda dapat merancang program yang lebih relevan dan menarik bagi tamu anda.

Tetapkan Tujuan Secara Jelas

Sebelum menyediakan program loyalitas, anda juga sebaiknya menetapkan tujuan yang diinginkan secara jelas.

Apakah itu untuk meningkatkan retensi tamu? Meningkatkan pendapatan per kamar? Atau mungkin memperluas pangsa pasar?

Ketika anda mengetahui jelas apa yang menjadi tujuan program tersebut, anda akan lebih mudah di dalam merancang program yang sesuai dan mengukur keberhasilannya.

Tawarkan Benefit Yang Menarik

Salah satu kunci keberhasilan program loyalitas hotel adalah menawarkan benefit yang menarik bagi tamu. Benefit dapat berupa diskon kamar, akses ke fasilitas khusus, atau poin yang dapat ditukarkan dengan rewards tertentu.

Selain itu, pastikan juga bahwa benefit tersebut relevan dengan kebutuhan dan keinginan tamu anda.

Perhatikan Tingkat Kehadiran

Program loyalitas yang sukses tidak hanya menarik perhatian tamu, tetapi juga menarik tamu untuk berpartisipasi secara aktif.

Ini berarti hotel perlu memperhatikan tingkat kehadiran tamu yang bergabung dalam program loyalitas.

Baca juga:  Mengetahui Jenis Komunikasi Perhotelan Dan Pengertiannya

Misalnya, seberapa sering mereka menggunakan program dan bagaimana mereka berinteraksi dengan benefit yang ditawarkan.

Promosikan Program Dengan Efektif

Perlu dicatat bahwa memiliki program loyalitas yang bagus tidaklah cukup, anda juga perlu mempromosikannya.

Ini bisa dilakukan melalui berbagai saluran, termasuk website hotel, media sosial, dan lain sebagainya.

Dalam promosi tersebut, anda dapat menjelaskan manfaat program dengan jelas sehingga dapat menarik lebih banyak calon tamu potensial.

Pantau dan Sesuaikan Secara Rutin

Program loyalitas hotel seharusnya dirancang dengan dinamis dan responsif terhadap perubahan dalam kebutuhan tamu dan kondisi pasar.

Maka dari itu, anda perlu terus memantau kinerja program dan siap untuk menyesuaikan insentif, promosi, dan strategi lainnya sesuai kebutuhan.

Anda dapat dilakukan melalui analisis data, umpan balik tamu, dan melakukan evaluasi secara teratur.

Demikianlah pembahasan mengenai program loyalitas hotel. Penyediaan program ini tentu dapat membawa berbagai keuntungan untuk bisnis hotel anda.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Free Consultation

    en_USEnglish