43 Istilah Dalam Perhotelan Beserta Lengkap Dengan Artinya

Istilah Dalam Perhotelan
Blog

43 Istilah Dalam Perhotelan Beserta Lengkap Dengan Artinya

Setiap hotelier tentu wajib memahami istilah-istilah dalam perhotelan. Hal ini sangat penting untuk memudahkan komunikasi antar staff ataupun department serta melayani tamu dengan baik.

Di bawah ini, kita akan membahas mengenai istilah-istilah perhotelan. Mari lanjutkan scroll ke bawah untuk memahami setiap pengertiannnya.

Istilah Dalam Perhotelan Dan Artinya

Istilah Perhotelan
Istilah Perhotelan – Sumber: www.unsplash.com

Add Room

Istilah ini berarti penambahan kamar atau proses menambahkan kamar ke dalam inventaris atau sistem pemesanan hotel.

Amenities

Fasilitas atau layanan tambahan yang disediakan oleh hotel untuk kenyamanan tamu, seperti kolam renang, pusat kebugaran, atau layanan kamar.

Back Office

Bagian dari petugas hotel yang tidak berhubungan langsung dengan layanan tamu, seperti administrasi, keuangan, atau manajemen umum.

Bar

Area tempat tamu dapat memesan dan menikmati minuman, baik beralkohol maupun non-alkohol.

Bell Boy

Staff hotel yang bertugas membantu tamu hotel dengan membawa barang bawaan, membuka pintu, dan memberikan layanan lainnya.

Booking

Proses pemesanan kamar yang dilakukan oleh tamu di suatu hotel.

Breakfast

Sarapan pagi, sering kali termasuk dalam tarif kamar hotel.

Baca juga:  Pengertian Segmentasi Pasar Hotel Dan Jenis Kategorinya

Buffet

Penyajian makanan di mana tamu dapat memilih sendiri makanan dari berbagai pilihan yang tersedia. Di Indonesia sendiri, sering dikenal dengan istilah prasmanan.

Check-In

Proses registrasi tamu di hotel saat kedatangan.

Check-Out

Proses ketika tamu meninggalkan hotel dan membayar tagihan serta mengembalikan kunci kamar.

Hotel Dengan Pemandangan Pantai
Hotel Dengan Pemandangan Pantai – Sumber: www.unsplash.com

Concierge

Staff hotel yang bertanggung jawab memberikan informasi, membantu tamu dengan reservasi, dan memberikan layanan bantuan tambahan seperti pemesanan restoran atau tiket pertunjukan.

Connecting Room

Dua atau lebih kamar hotel yang memiliki pintu yang menghubungkan satu sama lain, biasanya digunakan oleh keluarga atau kelompok yang ingin tetap berdekatan.

Contract Rate

Tarif khusus yang ditawarkan oleh hotel ke travel agent sesuai dengan syarat dan kondisi yang diberlakukan.

Deluxe Room

Kamar hotel dengan fasilitas lebih tinggi dan ukuran luas dibandingkan kamar superior.

Do Not Disturb (DND)

Permintaan tamu agar staf hotel tidak masuk atau mengganggu mereka di dalam kamar. Ini biasanya sering ditandai dengan kartu di depan pintu.

Double Bed

Kamar dengan dua tempat tidur, biasanya digunakan untuk dua orang atau lebih.

Early Check-In

Kondisi ketika tamu melakukan check-in sebelum waktu standar yang telah ditentukan.

ETA (Estimated Time of Arrival)

Perkiraan waktu kedatangan tamu yang digunakan oleh hotel untuk mengatur ketersediaan kamar.

Extended Stay

Kondisi dimana tamu memutuskan untuk memperpanjang masa menginap mereka di hotel.

Extra Bed

Tempat tidur tambahan yang dapat dipesan oleh tamu ke kamar dengan biaya tambahan.

Hotel Dengan Double Bed
Hotel Dengan Double Bed – Sumber: www.unsplash.com

Extra Charge

Biaya tambahan yang dikenakan oleh hotel kepada tamu, seperti biaya parkir atau biaya layanan tambahan lainnya.

Family Room

Kamar hotel yang dirancang khusus untuk keluarga, biasanya memiliki kapasitas lebih besar atau fasilitas tambahan.

Baca juga:  Tipe Tamu Hotel Beserta Jenis Komplain Tamu Saat Menginap

Front Office

Bagian hotel yang berinteraksi langsung dengan tamu, termasuk resepsionis, concierge, dan staf yang menangani check-in dan check-out.

Fully Booked

Kondisi di mana semua kamar hotel telah dipesan atau terisi penuh. Dengan kata lain, tidak tersedia kamar kosong untuk dipesan.

High Season

Waktu dimana permintaan untuk kamar hotel tinggi, seringkali disertai dengan tarif yang lebih tinggi, seperti musim liburan atau acara khusus.

Late Check-Out

Kondisi ketika tamu melakukan proses check-out melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Low Season

Waktu dimana permintaan untuk kamar hotel rendah, seringkali disertai dengan tarif yang lebih rendah, misalnya saat cuaca buruk atau di luar musim liburan.

Minibar

Kulkas kecil di dalam kamar hotel yang berisi makanan, minuman, dan camilan, dengan harga yang dikenakan jika tamu mengonsumsinya.

Move Room

Memindahkan tamu ke kamar lain, biasanya jika ada masalah atau permintaan khusus.

OTA (Online Travel Agent)

Agen perjalanan yang beroperasi secara online dan membantu dalam pemesanan kamar hotel melalui platform digital, seperti Booking.com atau Expedia.

Fasilitas Kamar Tamu Di Hotel
Fasilitas Kamar Tamu Di Hotel – Sumber: www.unsplash.com

PAX

Singkatan dari “Passenger” atau “Persons” digunakan untuk menyebut jumlah orang/tamu. Istilah ini biasanya ditemukan pada paket hotel.

Peak Season Surcharge

Harga kamar yang biasanya ditawarkan pada waktu-waktu tertentu seperti hari raya atau tahun baru. Dimana hari-hari tersebut permintaan kamar sangat tinggi.

Rate Plan

Rencana atau paket harga yang menentukan tarif kamar berdasarkan berbagai faktor, seperti masa inap, makanan, atau fasilitas tambahan.

Resepsionis

Staf hotel yang bertugas menerima tamu, melakukan check-in dan check-out, dan memberikan informasi umum tentang hotel.

Reservasi

Proses pemesanan kamar atau layanan hotel sebelum kedatangan tamu.

Room Rate

Tarif atau harga kamar hotel per malam atau sesuai dengan periode menginap.

Baca juga:  Mengenal Struktur Organisasi Housekeeping Di Dalam Hotel

Room Service

Layanan yang menyediakan makanan dan minuman ke dalam kamar tamu.

Room Status

Informasi mengenai ketersediaan dan kondisi kamar, seperti sedang kosong (vacant) atau terisi (occupied).

SOP (Standard Operating Procedure)

Prosedur standar yang dimiliki hotel untuk kegiatan operasional.

Standard Room

Kamar hotel dengan fasilitas dasar dan memiliki harga paling murah.

Kamar Tipe Standar
Kamar Tipe Standar

Suite Room

Kamar hotel dengan ukuran kamar tidur dan kamar mandi yang luas. Selain itu, juga dilengkapi dengan amenities yang lengkap serta living room di dalam kamar.

Superior Room

Kamar hotel dengan ukuran yang lebih luas dibandingkan standard room.

Twin Bed

Kamar dengan dua tempat tidur berukuran single bed yang terpisah, sering kali digunakan oleh dua tamu yang tidak ingin tidur dalam satu tempat tidur.

Demikianlah pembahasan mengenai istilah dalam perhotelan dan artinya. Semoga dapat bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Free Consultation

    en_USEnglish