Memahami Dynamic Pricing Hotel Dan Bagaimana Penerapannya

Dynamic Pricing Hotel
Blog

Memahami Dynamic Pricing Hotel Dan Bagaimana Penerapannya

Dynamic Pricing Hotel merupakan salah satu strategi yang sering diterapkan hotel untuk memaksikmalkan pendapatan. Strategi ini sangat wajib dipahami oleh setiap pengelola hotel untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis.

Apabila anda belum familiar dengan strategi dynamic pricing ini, berikut kita akan bahas mengenai pengertian, jenis penyesuaian, risiko yang mungkin terjadi, dan bagaimana strategi penerapannya.

Pengertian Dynamic Pricing

Pengertian Dynamic Pricing Hotel
Pengertian Dynamic Pricing Hotel – Sumber: www.pexels.com

Dynamic pricing atau dynamic rate hotel adalah strategi penyesuaian harga kamar secara berubah-ubah mengikuti tren penawaran dan permintaan yang terjadi.

Strategi ini memungkinkan hotel untuk mengoptimalkan pendapatan dengan menetapkan harga yang sesuai dengan tingkat penawaran dan permintaan yang berubah-ubah.

Meskipun dibilang dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pendapatan. Namun, perlu diingat juga bahwa penerapan harga berubah-ubah yang dilakukan agar tetap memperhatikan kepuasan dan kenyamanan para tamu.

Jenis Penyesuaian Harga Kamar

Jenis Dynamic Rate Hotel
Jenis Dynamic Rate Hotel – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa jenis penyesuaian harga kamar yang sering diterapkan hotel.

Berdasarkan Musim dan Acara

Penyesuaian harga kamar hotel dapat dilakukan berdasarkan musim liburan (season) atau acara besar. Selama periode ini, harga kamar dapat disesuaikan untuk mencerminkan tingginya permintaan.

Misalnya: harga kamar pada high season atau peak season mungkin akan lebih tinggi dibandingkan pada low season.

Berdasarkan Waktu Pemesanan

Hotel dapat menyesuaikan harga kamar berdasarkan waktu pemesanan. Harga kamar dapat lebih tinggi pada saat pemesanan mendekati tanggal menginap.

Baca juga:  Mengenal Jenis Status Kepemilikan Hotel Beserta Contohnya

Sebaliknya, hotel dapat menawarkan diskon atau harga kamar yang lebih rendah untuk pemesanan yang dilakukan pada jauh-jauh hari.

Berdasarkan Persaingan

Hotel dapat memantau harga kamar pada kompetitor dan menyesuaikan harga kamar mereka sendiri untuk tetap bersaing.

Strategi ini memungkinkan hotel untuk menetapkan harga yang kompetitif sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi pasar.

Manfaat Strategi Dynamic Pricing

Manfaat Penerapan Harga Dinamis
Manfaat Penerapan Harga Dinamis – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa manfaat penerapan harga dinamis pada bisnis hotel.

Meningkatkan Pendapatan

Dengan menyesuaikan harga sesuai dengan penawaran dan permintaan, hotel dapat memaksimalkan pendapatannya.

Mengoptimalkan Kapasitas Kamar

Mengurangi risiko kamar kosong atau kelebihan kapasitas dengan menyesuaikan harga secara dinamis.

Meningkatkan Daya Saing

Dengan harga yang kompetitif, hotel dapat menarik lebih banyak tamu dibandingkan pesaingnya.

Risiko Yang Mungkin Terjadi

Risiko Harga Dinamis
Risiko Harga Dinamis – Sumber: www.pexels.com

Dibalik manfaat di atas, penerapan dynamic pricing tentu dapat memberikan risiko untuk bisnis apabila harga yang ditetapkan tidak tepat.

Ketidakpuasan Tamu

Apabila tamu merasa harga yang ditawarkan oleh hotel tidak konsisten atau adil, maka ini mungkin dapat mengakibatkan ketidakpuasan kepada para tamu.

Overpricing

Penetapan harga yang terlalu tinggi (overpricing) dapat mengurangi minat pembelian dan merusak reputasi hotel. Sehingga, hotel perlu menetapkan harga secara tepat.

Kekurangan Prediksi

Apabila estimasi permintaan tidak akurat, maka hotel dapat kehilangan pendapatan atau mengalami kamar kosong yang tidak diinginkan.

Strategi Penerapan Dynamic Pricing Hotel

Strategi Dynamic Rate Hotel
Strategi Dynamic Rate Hotel – Sumber: www.pexels.com

Untuk meminimalisir terjadinya risiko-risiko di atas, maka ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan hotel, diantaranya:

Melakukan Analisis Data

Lakukan analisi data-data historis dan teknologi algoritma cerdas untuk memprediksi permintaan dan menyesuaikan harga.

Monitoring Secara Teratur

Selalu lakukan monitoring atau pemantauan pasar dan persaingan secara teratur untuk menyesuaikan harga sesuai dengan perubahan kondisi yang terjadi.

Baca juga:  6 Cara Berkomunikasi Dengan Tamu Di Hotel Yang Wajib Diketahui

Berikan Tamu Informasi Yang Jelas Dan Transparan

Berikan tamu informasi yang jelas dan transparan terkait faktor-faktor yang mempengaruhi harga dan kebijakan pembatalannya.

Pertimbangkan Faktor Lain Yang Tidak Terduga

Dalam penyesuaian harga, tetap pertimbangkan faktor-faktor eksternal yang tidak terduga seperti perubahan dalam acara lokal atau cuaca.

Demikianlah pembahasan mengenai dynamic pricing hotel ini. Dengan menerapkan strategi ini secara efektif tentu akan meningkatkan keberhasilan pada bisnis hotel.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian