Memahami Aturan Check Out Hotel Lebih Dari Jam 12 Siang

Check Out Hotel Lebih Dari Jam 12
Blog

Memahami Aturan Check Out Hotel Lebih Dari Jam 12 Siang

Bolehkah check out hotel lebih dari jam 12? Jawabannya adalah tergantung kebijakan hotel. Sebab, setiap hotel memberlakukan waktu yang berbeda-beda untuk batas check out ini.

Sebagian besar hotel memang menerapkan batas waktu maksimal untuk check out di hotel jam 12 siang. Tujuannnya adalah agar nantinya kamar tersebut dapat dibersihkan dan dijual kembali kepada calon tamu yang sudah melakukan pemesanan.

Ketentuan Check Out Hotel Lebih Dari Jam 12

Check Out Hotel
Check Out Hotel – Sumber: www.pexels.com

Saat tamu melakukan check-in dan mendapatkan kunci kamar di hotel, petugas resepsionis atau front office atau resepsionis biasanya akan memberi informasi batas waktu untuk check-out.

Secara umum, memang batas waktu check out di Indonesia adalah pukul 12 siang. Akan tetapi, aturan ini tidaklah tetap karena beberapa hotel mungkin menawarkan waktu maksimal yang berbeda.

Ketika hari check out tiba, staff front office akan menghubungi tamu sekitar satu atau dua jam sebelum batas waktu check out tersebut. Mereka akan menanyakan tamu apakah ada rencana untuk memperpanjang masa menginap atau tidak.

Bila seorang tamu check out lebih dari jam 12 atau batas waktu maksimal, maka tamu mungkin akan dikenakan denda atau charge tambahan sesuai dengan kebijakan yang telah disepakati.

Besaran denda ini bisa 50% dari harga kamar hotel tersebut. Akan tetapi, semua itu akan kembali kepada kebijakan masing-masing hotel.

Aturan Check Out Hotel

Selain batas waktu check out, berikut adalah ada beberapa aturan umum lainnya mengenai check out di suatu hotel.

Baca juga:  Pentingnya Laporan Hotel Untuk Manajemen Yang Efektif

1. Late Check-Out

Late Check Out
Late Check Out – Sumber: www.pexels.com

Bila tamu memerlukan waktu ekstra sebelum meninggalkan hotel, banyak hotel menawarkan opsi “late check-out” dengan biaya tambahan.

Late check-out memungkinkan tamu untuk tetap tinggal di kamar mereka setelah waktu check-out standar.

Namun, ketersediaan opsi ini dapat terbatas sehingga tamu disarankan untuk mengajukan permintaan late check-out ini lebih awal, misalnya saat proses check-in.

2. Prosedur Pembayaran

Prosedur Pembayaran
Prosedur Pembayaran – Sumber: www.pexels.com

Sebagian besar hotel akan memerlukan pembayaran penuh pada saat check-out. Sehingga, tamu diharapkan telah menyiapkan metode pembayaran yang diterima oleh hotel baik itu kartu kredit, kartu debit, atau metode pembayaran lainnya.

3. Pengecekan Kamar

Pengecekan Kamar
Pengecekan Kamar – Sumber: www.pexels.com

Sebelum meninggalkan hotel, penting untuk melakukan pengecekan terhadap kamar. Sehingga, tamu diharapkan memeriksa barang-barang pribadi yang tertinggal dan memastikan tidak ada kerusakan pada fasilitas.

Bila menemukan masalah seperti kerusakan fasilitas (bukan karena perbuatan sendiri), tamu dapat segera melaporkan ke staf hotel. Dengan ini, tamu dapat menghindari biaya tambahan yang mungkin dikenakan setelah check-out.

4. Pengembalian Kunci Kamar

Pengembalian Kunci Kamar
Pengembalian Kunci Kamar – Sumber: www.pexels.com

Pada umumnya, hotel akan meminta tamu untuk mengembalikan kunci kamar atau kartu kunci elektronik pada saat check-out. Para tamu wajib untuk menaati peraturan ini,

Namun, di beberapa hotel mungkin sudah menggunakan sistem kartu kunci elektronik yang akan dinonaktifkan otomatis setelah waktu check-out.

5. Penyimpanan Bagasi

Layanan Penyimpanan Bagasi
Layanan Penyimpanan Bagasi – Sumber: www.pexels.com

Jika perlu meninggalkan hotel setelah waktu check-out dan tau tidak ingin membawa semua bagasi, beberapa hotel juga menyediakan layanan penyimpanan atau penitipan bagasi.

Namun sebelum itu, tamu sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada staf hotel mengenai prosedur dan biaya yang terkait dengan penyimpanan bagasi ini.

6. Pengisian Feedback Form

Pengisian Feedback Form
Pengisian Feedback Form – Sumber: www.pexels.com

Setelah check-out, tamu dapat memberikan feedback (umpan balik) mengenai pengalaman Anda di hotel. Banyak hotel memiliki formulir umpan balik online atau kotak saran di lobi hotel.

Baca juga:  Arti Up Selling Hotel Serta Teknik Dan Contoh Penerapannya

Ini akan dapat membantu hotel untuk terus meningkatkan layanan mereka. Selain itu feedback juga akan memberikan informasi berharga kepada calon tamu lain nantinya.

Nah, itulah beberapa aturan check out di hotel secara umum. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian