Hotel Forecasting: Merancang Strategi Bisnis Yang Tepat

Hotel Forecasting
Blog

Hotel Forecasting: Merancang Strategi Bisnis Yang Tepat

Kemampuan untuk memprediksi permintaan di masa depan merupakan salah satu hal penting untuk dipahami bagi pengelola hotel. Untuk memprediksi permintaan di masa depan ini, biasanya menggunakan analisis hotel forecasting.

Dalam blog ini, kita akan membahas mengenai hotel forecasting yang terdiri dari pengertian, tujuan, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pengertian Hotel Forecasting

Pengertian Forecasting Hotel
Pengertian Forecasting Hotel – Sumber: www.pexels.com

Hotel forecasting merupakan proses analisis dan proyeksi yang dilakukan untuk memprediksi permintaan kamar, pendapatan, dan kebutuhan operasional hotel di masa depan.

Dalam prosesnya, analisis ini melibatkan pengumpulan dan analisis data historis, tren pasar, dan faktor eksternal lainnya yang dapat mempengaruhi permintaan.

Tujuan Hotel Forecasting

Metode Forecasting Hotel
Metode Peramalan Hotel – Sumber: www.pexels.com

Tujuan utama dari forecasting adalah untuk membantu manajer hotel dalam pengambilan keputusan yang lebih baik di masa depan.

Sementara itu, tujuan spesifiknya adalah sebagai berikut.

Mengoptimalkan Pendapatan

Anda dapat menetapkan harga kamar yang optimal untuk memaksimalkan pendapatan berdasarkan permintaan yang sudah diperkirakan.

Perencanaan Staff

Anda akan lebih mudah di dalam menyesuaikan jumlah staf sesuai dengan tingkat hunian yang diproyeksikan untuk menjaga efisiensi operasional.

Manajemen Persediaan

Forecasting akan memberikan anda gambaran mengenai kebutuhan tamu di masa depan. Ini akan memudahkan anda di dalam memastikan persediaan yang cukup seperti makanan, minuman, dan perlengkapan lainnya.

Perencanaan Strategis

Gambaran prediksi di masa depan juga akan membantu anda di dalam menyusun strategi jangka panjang termasuk dalam hal investasi dan pengembangan hotel.

Meningkatkan Kepuasan Tamu

Forecasting mengantisipasi kebutuhan tamu dan menyediakan layanan yang lebih baik untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas tamu.

Baca juga:  Welcome Letter dalam Perhotelan: Meningkatkan Kesan Tamu

Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Forescasting

Tim Sedang Merancang Strategi
Tim Sedang Merancang Strategi – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi forecasting.

Data Pemesanan

Data pemesanan ini mencakup informasi mengenai reservasi kamar yang telah dilakukan oleh tamu. Data-data ini dapat meliputi tanggal reservasi, tanggal check-in dan check-out, jenis kamar yang dipesan, dan jumlah tamu.

Data Harga

Data harga mencakup informasi mengenai harga kamar yang ditawarkan, termasuk perubahan harga berdasarkan permintaan, musim, dan strategi promosi.

Data Pembatalan

Data pembatalan mencakup informasi mengenai pembatalan reservasi oleh tamu, termasuk alasan pembatalan dan waktu pembatalan.

Data Reputasi

Data reputasi ini mencakup ulasan hotel dan rating dari tamu yang telah menginap, serta feedback dari berbagai platform online.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal ini mencakup peristiwa atau kondisi yang tidak terduga dan dapat menyebabkan fluktuasi pada permintaan.

Misalnya: bencana alam, pandemi, acara besar, atau perubahan kebijakan pemerintah.

Demikianlah pembahasan mengenai hotel forecasting ini. Saat ini, fitur forecasting sudah tersedia GuestPro PMS, anda dapat konsultasi lebih lanjut pada Whatsapp.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    id_IDIndonesian