Lost and Found Hotel: Prosedur Penanganan Dan Contoh Form

Lost And Found Hotel
Blog

Lost and Found Hotel: Prosedur Penanganan Dan Contoh Form

Lost and found hotel memang terkadang sering terjadi di suatu hotel. Situasi dimana tamu kehilangan barang bawaaan mereka di dalam kamar ataupun area lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini kita akan membahas tentang lost and found yang mencakup dari pengertian, kategori barang, prosedur penanganan, hingga contoh formulir lost and found.

Pengertian Lost and Found Hotel

Pengertian Lost And Found
Pengertian Lost And Found – sumber: www.pexels.com

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, Lost and Found ini merupakan situasi dimana tamu kehilangan barang atau tertinggalnya barang bawaan mereka di area hotel.

Apabila ada kejadian lost and found ini, umumnya akan ditangani atau dikelola sepenuhnya oleh Departement Housekeeping.

Mengelola barang-barang yang hilang atau tertinggal ini adalah tugas penting karena hotel bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan keamanan tamu mereka.

Kategori Barang Lost and Found

Kategori Lost And Found
Kategori Lost And Found – sumber: www.pexels.com

Dalam pengelolaan barang-barang yang hilang dan ditemukan, pihak hotel biasanya akan mengklasifikasikan itu ke dalam beberapa kategori. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam pengorganisasian.

Berikut adalah beberapa kategori umum yang digunakan:

Makanan Dan Minuman

Kategori ini mencakup berbagai jenis makanan dan minuman yang ditemukan dalam kamar hotel. Biasanya lama masa penyimpanannya 1 – 2 hari (1-2 x 24 jam) tergantung jenis makanan dan minumannya.

Sehingga, ketika ada petugas yang menemukan makanan dan minuman di kamar. Mereka tidak berhak memakannya karena dikhawatirkan tamu akan menanyakan makanan atau minuman tersebut.

Baca juga:  Jenis Scam Kartu Kredit Di Hotel Dan Cara Mencegahnya

Namun, perlu untuk diingat bahwa kebijakan untuk penyimpanan jenis makanan dan minuman ini mungkin berbeda dan tidak berlaku di setiap hotel.

Contoh: buah-buahan segar, minuman anggur, roti, dan lain sebagainya.

Barang Biasa

Kategori ini mencakup jenis-jenis barang dengan nilai relatif murah. Umumnya lama masa penyimpanan jenis barang ini sebelum diambil tamu adalah sampai dengan 3 bulan.

Contoh: baju, sweater, celana, sandal, sepatu, dan lain sebagainya.

Barang Berharga

Kategori terdiri jenis barang-barang yang memiliki value tinggi atau harganya bisa dikatakan mahal.

Bila ditemukan jenis barang ini, umumnya akan dipisahkan dengan jenis barang biasa. Untuk lama waktu penyimpannya di dalam hotel adalah maksimal 1 tahun.

Contoh: smartphone, laptop, paspor, visa, perhiasan mahal, dan uang dengan nominal besar,

Barang Dibuang

Kategori ini merujuk pada barang-barang yang ditemukan di tempat sampah. Namun, pihak hotel perlu memastikan juga apakah barang tersebut memang dibuang atau tamu tersebut lupa.

Maka dari itu, pihak hotel perlu melakukan konfirmasi untuk memastikan apakah barang tersebut memang dibuang atau tidak. Khususnya bila ini memiliki nilai yang tinggi.

Prosedur Penanganan Lost and Found

Prosedur Penangan Lost And Found
Prosedur Penangan Lost And Found – sumber: www.pexels.com

Berikut adalah langkah-langkah umum yang diikuti dalam proses Lost and Found:

Penerimaan Barang

Saat seorang tamu atau staf hotel menemukan barang yang hilang atau ditemukan, mereka harus segera melaporkannya ke departemen Lost and Found. Barang ini biasanya diserahkan kepada petugas atau ditempatkan di tempat yang aman.

Pencatatan dan Klasifikasi

Setiap barang yang ditemukan dicatat secara detail, termasuk deskripsi, lokasi ditemukan, dan tanggal. Kemudian, barang tersebut diklasifikasikan ke dalam salah satu kategori yang telah disebutkan di atas.

Penyimpanan Dengan Aman

Barang-barang yang ditemukan disimpan dengan aman, biasanya dalam lemari khusus atau brankas untuk mencegah kerusakan atau pencurian.

Baca juga:  CRM Hotel: Jaga Hubungan Berkelanjutan Dengan Tamu Anda

Masa penyimpan ini biasanya berbeda-beda tergantung jenis barang. Apabila berharga umumnya maskimal 1 tahun untuk kesempatan diklaim bagi si pemilik.

Identifikasi Pemilik

Jika barang yang ditemukan memiliki identifikasi pemilik, seperti nama atau nomor kontak, petugas Lost and Found akan mencoba menghubungi pemiliknya. Ini dapat dilakukan melalui telepon atau email.

Pengembalian Barang

Setelah pemilik barang teridentifikasi, langkah berikutnya adalah mengembalikan barang tersebut. Pemilik barang mungkin diminta untuk mengisi formulir pengambilan dan menunjukkan ID untuk mengambil barang mereka.

Penghapusan Barang

Jika barang ditemukan dan pemiliknya tidak dapat diidentifikasi atau tidak mengklaimnya dalam jangka waktu tertentu, hotel biasanya memiliki kebijakan untuk membuang barang tersebut atau menyumbangkannya.

Contoh Formulir Lost and Found Hotel

Berikut adalah contoh formulir Lost and Found yang dapat digunakan oleh hotel:

Contoh Form Lost And Found Hotel
Contoh Form Lost And Found Hotel – sumber: www.pinterest.com

Form lost and found ini harus diisi dengan hati-hati oleh petugas, lalu akan disimpan dengan aman untuk referensi di masa yang akan datang.

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    en_USEnglish