Hotel Peak Season: 5 Strategi Yang Dapat Anda Lakukan

Hotel Peak Season
Blog

Hotel Peak Season: 5 Strategi Yang Dapat Anda Lakukan

Peak season atau musim puncak umumnya berlangsung selama menjelang liburan Hari Raya Natal hingga Tahun Baru.

Dalam periode ini, permintaan terhadap layanan perhotelan umumnya akan meningkat drastis. Sehingga, penting bagi pengelola hotel untuk segera menyiapkan strategi yang matang untuk memaksimalkan pelayanan dan pendapatan.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat anda terapkan untuk menghadapi peak season.

Strategi Hotel Untuk Menghadapi Peak Season

Perencanaan Dan Persiapan Yang Matang

Perencanaan Dan Persiapan Yang Matang
Perencanaan Dan Persiapan Yang Matang – Sumber: www.unsplash.com

    Untuk dapat memprediksi tingkat okupansi dan permintaan layanan, anda dapat menggunakan data historis atau data kunjungan dari musim puncak sebelumnya.

    Dengan data tersebut, anda dapat mengidentifikasi tren data kunjungan serta mempersiapkan apa saja fasilitas yang perlu diperbaiki agar operasional tidak terganggu.

    Pengelolaan Sumber Daya Manusia

    Pengelolaan Sumber Daya Manusia
    Pengelolaan Sumber Daya Manusia – Sumber: www.unsplash.com

    Dalam pengelolaan sumber daya manusia, anda dapat merekrut staff sementara untuk mengatasi peningkatan beban kerja.

    Selain itu, anda juga bisa memberikan pelatihan khusus agar staff dapat memberikan pelayanan terbaik serta insentif tambahan untuk menjaga semangat staff anda nantinya.

    Pengoptimalan Pemasaran

    Pengoptimalan Pemasaran
    Pengoptimalan Pemasaran – Sumber: www.unsplash.com

    Untuk menarik lebih banyak tamu, anda bisa membuat penawaran khusus seperti diskon pemesanan awal atau paket bundle menginap dengan layanan tambahan seperti spa.

    Selain itu, pastikan anda juga sudah mengoptimalkan penggunaan semua channel penjualan baik itu website hotel dan platform pemesanan online untuk mendatangkan lebih banyak calon tamu.

    Manajemen Harga Dan Pendapatan

    Manajemen Harga Dan Pendapatan
    Manajemen Harga Dan Pendapatan – Sumber: www.unsplash.com

    Untuk memaksimalkan pendapatan, anda dapat menerapkan strategi harga dinamis (dynamic pricing) yang sesuai dengan permintaan pasar.

    Misalnya harga akan dinaikan saat menjelang musim puncak. Sebaliknya, harga akan diturunkan saat musim sepi.

    Baca juga:  Inilah 4 Perbedaan Hotel Bintang 3 dan 4 Secara Umum

    Di beberapa sistem manajemen hotel, sudah ada yang dilengkapi dengan fitur penentuan harga dinamis secara otomatis sehingga ini dapat memudahkan anda.

    Peningkatan Pelayanan Pelanggan

    Peningkatan Pelayanan Pelanggan
    Peningkatan Pelayanan Pelanggan – Sumber: www.unsplash.com

    Komunikasikan selalu terkait kebijakan hotel, waktu check-in/check-out, dan fasilitas yang tersedia di hotel dengan jelas kepada tamu.

    Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada tamu dan mengindari terjadinya kesalahpahaman dari tamu.

    Selain itu, anda dapat menyediakan pelayanan yang personal kepada tamu seperti memberikan sambutan yang hangat.

    Demikianlah pembahasan mengenai strategi untuk menghadapi musim puncak ini. Semoga dapat bermanfaat!

    Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

      en_USEnglish