Jenis Scam Kartu Kredit Di Hotel Dan Cara Mencegahnya

Scam Kartu Kredit
Blog

Jenis Scam Kartu Kredit Di Hotel Dan Cara Mencegahnya

Industri perhotelan sering kali menjadi target utama bagi para pelaku scam kartu kredit. Berbagai jenis penipuan dapat terjadi, mulai dari saat reservasi hingga proses pembayaran. Dalam blog ini, kita akan membahas mengenai jenis scam kartu kredit di hotel dan langkah mencegahnya.

Jenis Scam Kartu Kredit Di Hotel

Jenis Penipuan Kartu Kredit Di Hotel
Jenis Penipuan Kartu Kredit Di Hotel – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah beberapa jenis scam kartu kredit yang dapat terjadi di hotel.

Reservation Fraud

Penipuan reservasi hotel ini terjadi ketika penipu menggunakan kartu kredit curian atau palsu untuk memesan kamar hotel.

Pertama mereka akan mencoba melakukan deposit, lalu membatalkan reservasi dan meminta pengembalian dana ke akun atau rekening yang lain.

Chargeback Fraud

Penipuan ini terjadi ketika oknum tamu yang sebenarnya telah menggunakan layanan hotel melakukan klaim palsu ke penerbit kartu kredit mereka, mengatakan bahwa mereka tidak melakukan atau menerima layanan yang dimaksud.

Akibatnya, hotel terpaksa mengembalikan dana tersebut. Selain itu, ini juga dapat terjadi ketika kartu kredit tamu dicuri atau menjadi korban pelanggaran data.

Card Testing

Card testing adalah teknik di mana penipu mencoba kartu kredit curian dengan melakukan transaksi untuk memverifikasi apakah kartu tersebut masih aktif.

Pertama mereka mungkin memesan layanan tambahan atau fasilitas hotel dengan nominal kecil untuk memastikan kartu tersebut masih aktif atau tidak.

Setelah berhasil, barulah mereka mulai melakukan transaksi yang lebih besar dengan harapan kartu tersebut tidak segera diblokir oleh bank penerbit.

Baca juga:  Welcome Letter dalam Perhotelan: Meningkatkan Kesan Tamu

Insider Fraud

Insider Fraud adalah tindakan penipuan yang dilakukan oleh oknum karyawan hotel (orang dalam). Beberapa bentuk penipuan orang dalam seperti pencurian data kartu kredit dan pemalsuan transaksi.

Pencurian data kartu kredit yaitu ketika karyawan yang memiliki akses ke informasi kartu kredit tamu dapat mencuri data tersebut dan menggunakan itu untuk melakukan transaksi tanpa izin.

Sementara, pemalsuan transaksi terjadi ketika karyawan dapat memproses transaksi palsu menggunakan kartu kredit tamu atau membuat transaksi fiktif untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Loyalty Fraud

Loyalty fraud merupakan penipuan dengan penyalahgunaan program loyalitas hotel. Penipu dapat memanfaatkan poin loyalitas atau manfaat lain yang diberikan oleh hotel.

Penipuan ini dapat terjadi ketika seorang penipu mencuri informasi akun loyalitas tamu dan memesan penginapan hotel atau menukarkan poin.

Karena program loyalitas tidak diperiksa secara ketat seperti kartu kredit, program ini sering sasaran empuk bagi para penipu.

Langkah Mencegah Penipuan Credit Card Di Hotel

Langkah Mencegah Penipuan Kartu Kredit
Langkah Mencegah Penipuan Kartu Kredit – Sumber: www.pexels.com

Berikut adalah langkah mencegah penipuan credit card di hotel.

Memberikan Pelatihan Kepada Staff

Staff hotel adalah garis depan dalam deteksi dan pencegahan penipuan. Memberikan pelatihan yang tepat dan kesadaran tentang penipuan merupakan upaya yang penting untuk dilakukan.

Dengan ini, staff hotel akan menjadi lebih siap dalam mendeteksi aktivitas mencurigakan dan mengetahui langkap apa yang harus diambil saat terjadi penipuan.

Meningkatkan Proses Verifikasi Identitas

Salah satu langkah pertama dalam mencegah penipuan adalah memastikan bahwa identitas tamu diverifikasi dengan benar saat check-in dan proses reservasi.

Beberapa langkah yang bisa diambil, misalnya dengan meminta tamu untuk menunjukkan identifikasi resmi seperti paspor atau SIM saat check-in dan mencocokkannya dengan informasi pada kartu kredit yang digunakan.

Baca juga:  4 Cara Meningkatkan Revenue Melalui Hotel Events

Melindunginya Program Loyalitas

Program loyalitas hotel sering menjadi target penipuan. Untuk melindunginya, hotel bisa mengimplementasikan autentikasi dua faktor untuk akses akun loyalitas tamu.

Selain itu, hotel bisa memantau aktivitas akun loyalitas secara berkala untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau tidak biasa.

Menetapkan Kebijakan Yang Ketat

Menetapkan kebijakan yang ketat dapat membantu dalam pencegahan penipuan. Kebijakan yang bisa diterapkan misalnya dengan menetapkan kebijakan yang jelas tentang pembatalan dan pengembalian dana untuk mengurangi risiko penipuan.

Mengedukasi Tamu

Mengedukasi tamu tentang cara melindungi informasi kartu kredit mereka juga penting.

Hotel bisa menyediakan informasi tentang bagaimana tamu dapat melindungi diri saat melakukan transaksi online dan memberikan panduan tentang cara menangani kartu kredit dengan aman selama menginap di hotel.

Itulah pembahasan mengenai penipuan kartu kredit. Dengan menerapkan langkah pencegahan ini yang tepat, hotel dapat mengurangi risiko penipuan, melindungi pendapatan, dan menjaga reputasi di mata tamu.

Referensi:

https://www.mews.com/en/blog/hotel-credit-card-scam

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    id_IDIndonesian