Fitur-Fitur Yang Perlu Diperhatikan Pada Website Hotel

Website Hotel
Blog

Fitur-Fitur Yang Perlu Diperhatikan Pada Website Hotel

Selain melalui online travel agent (OTA), hotel biasanya juga menggunakan website untuk mendapatkan reservasi dari tamu. Penggunaan website hotel ini umumnya dipilih karena tidak mengenakan biaya tambahan seperti halnya OTA.

Namun, perlu diingat bahwa ketika sudah memiliki suatu website bukan berarti itu sudah dapat meningkatkan penjualan. Diperlukan beberapa fitur untuk memaksimalkan hal tersebut.

Berikut kita akan membahas beberapa fitur yang penting dalam suatu website hotel.

Fitur-Fitur Yang Perlu Diperhatikan Website Hotel

Antarmuka (Interface)

User Interface Website Hotel
Ilustrasi User Interface Webslte – Sumber: www.unsplash.com

Website seharusnya mempunyai desain yang responsif, intuitif, dan menarik. Beberapa yang bisa dioptimalkan, antara lain:

Tampilan Responsif Dan Cepat

Tampilan yang responsif atau dapat menyesuaikan dengan berbagai perangkat, mulai dari desktop hingga smartphone. Selain itu, pastikan juga dapat memuat halaman dengan cepat.

Navigasi Yang Intuitif

Ini mencakup antarmuka yang mudah dinavigasi dan membantu pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah.

Misalnya: menu yang terstruktur dan penggunaan ikon-ikon yang jelas.

Foto Dan Video Yang Menarik

Website seharusnya dilengkapi dengan foto maupun video berkualitas tinggi dari kamar, fasilitas, dan pemandangan sekitar.

Ini akan membantu calom tamu mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pengalaman mereka saat menginap nantinya.

Konversi (Conversion)

Conversion
Ilustrasi Conversion – Sumber: www.unsplash.com

Website hotel seharusnya memiliki fitur-fitur yang dapat membantu mempermudah proses pemesanan, seperti:

Proses Reservasi Yang Mudah

Proses reservasi yang sederhana dan mudah digunakan adalah kunci utama untuk meningkatkan konversi.

Baca juga:  Guest Cycle di Hotel: 4 Siklus Yang Dialami Tamu Di Hotel

Misalnya dengan menyediakan formulir yang tidak terlalu panjang akan memungkinkan tamu menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat.

Promosi dan Penawaran Khusus

Fitur menampilkan promosi dan penawaran khusus secara jelas dan menarik dapat mendorong pengunjung untuk melakukan reservasi. Misalnya: kode kupon atau diskon.

Branding

Branding
Ilustrasi Branding – Sumber: www.unsplash.com

Website seharusnya dapat menampilkan branding yang memperjelas identitas hotel. Beberapa hal yang dapat dioptimalkan, seperti:

Ulasan dan Testimoni

Tampilkan ulasan dan testimoni dari tamu sebelumnya di website. Fitur ini akan meningkatkan kepercayaan calon tamu terhadap hotel.

Postingan Blog

Sediakan postingan blog yang membahas terkait topik-topik yang menarik seperti tempat wisata lokal atau tips perjalanan. Ini akan menawarkan nilai tambah kepada pengunjung website anda.

Back-End

Back End
Ilustrasi Back End – Sumber: www.unsplash.com

Website harus memiliki back end yang kuat, yang mempermudah pengelolaan data dan informasi. Beberapa fitur yang diperlukan diantaranya:

Analisis Kinerja dan Pelaporan

Alat analisis kinerja dan pelaporan memungkinkan hotel untuk melacak kinerja website, tingkat konversi, perilaku pengunjung, dan  mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan.

Sebagai contohnya: intergrasi dengan Google Analytic atau Google Search Console.

Keamanan

Website juga sebaiknya dilengkapi fitur keamanan yang dapat meminimalisir terjadinya serangan keamanan, pencurian data, dan lain sebagainya.

Misalnya: penambahan HTTPS dan SSL Certificate, pencatatan user access dan administrative privileges, membatasi upaya login, penyediaan firewall, dan fitur backup data.

Demikianlah pembahasan mengenai fitur yang perlu disediakan pada website hotel. Semoga bermanfaat!

Gratis Layanan konsultasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, Kami siap melayani dengan senang hati, silahkan lengkapi form request dibawah ini.

    Konsultasi Gratis

    id_IDIndonesian