6 Tips Meningkatkan Rating Hotel Anda Di Tripadvisor
6 Tips Meningkatkan Rating Hotel Anda Di Tripadvisor
Semakin tinggi rating hotel anda di Tripadvisor maka semakin besar peluang pemesanan yang bisa anda dapatkan. Sebab, rating positif dapat meningkatkan kepercayaan para calon tamu untuk melakukan pemesanan.
Untuk meningkatkan peringkat di Tripadvisor, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagaimana berikut ini.
Tips Meningkatkan Rating Di Tripadvisor

Pahami Ekspektasi Tamu
Langkah pertama dalam meningkatkan rating di TripAdvisor adalah memahami ekspektasi tamu anda. Tamu biasanya mencari pengalaman yang konsisten, berkualitas, dan sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam promosi atau deskripsi bisnis anda.
Pastikan layanan yang anda tawarkan sesuai dengan yang anda tampilkan secara online. Berikan informasi yang akurat dan jujur tentang fasilitas, layanan, dan pengalaman yang dapat diharapkan tamu.
Berikan Pelayanan Yang Memuaskan
Layanan memuaskan merupakan kunci untuk mendapatkan ulasan positif. Staff yang ramah, responsif, dan profesional dapat meningkatkan pengalaman tamu anda.
Maka dari itu, latih karyawan anda untuk selalu bersikap ramah, menghormati, dan tanggap terhadap kebutuhan tamu.
Apabila ada masalah, pastikan mereka mengetahui cara menangani komplain tamu dengan baik.

Minta Tamu Untuk Memberikan Ulasan
Banyak tamu yang puas mungkin tidak berpikir untuk menulis ulasan tanpa dorongan. Oleh karena itu, dorong mereka untuk membagikan pengalaman mereka di TripAdvisor.
Anda bisa melakukannya dengan cara yang sopan dan tidak memaksa. Misalnya, saat check out, anda dapat meminta memberi ulasan atau dengan mengirim email follow-up yang berisi ucapan terima kasih dan permintaan ulasan.
Pastikan anda memberikan link langsung ke halaman TripAdvisor hotel anda agar mereka dapat dengan mudah memberikan ulasan.
Semakin anda banyak mendapatkan ulasan terutama dengan bintang 4 dan 5, maka semakin cepat rating anda dapat naik ke peringkat teratas.
Tangani Ulasan Negatif Dengan Bijaksana
Dalam mengelola ulasan hotel, anda mungkin saja akan menemukan tamu yang memberikan ulasan negatif. Dalam kasus ini, penting untuk anda meresponnya secara tepat.
Hindari mengabaikan ulasan-ulasan negatif atau menanggapinya dengan emosi. Sebaliknya, anda sebaiknya memberi tanggapan yang sopan dan professional.
Dengan menanggapi ulasan negatif dengan baik, akan membuat tamu anda merasa lebih dihargai. Ini secara langsung juga menunjukan bahwa anda peduli dengan setiap keluhan tamu.

Perhatikan Detail Kecil
Para tamu seringkali menulis ulasan positif karena mereka menghargai detail kecil yang mereka temui selama kunjungan mereka.
Sebagai contoh, kebersihan kamar, adanya kartu ucapan di kamar hotel, atau kecepatan layanan.
Dengan konsisten memperhatikan detail-detail kecil ini, anda akan lebih mudah mendapatkan ulasan positif.
Update Informasi Bisnis Anda Secara Rutin
Di beberapa waktu, hotel anda mungkin mempunyai fasilitas atau kebijakan baru. Penting untuk anda selalu memperbarui profil atau informasi bisnis anda secara rutin.
Selain itu, anda dapat juga menambahkan beberapa foto terkait fasilitas-fasilitas terbaru.
Dengan mengelola profil bisnis anda, ini dapat mengelola ekspetasi tamu dan menghindari terjadi kesalahpahaman nantinya.
Demikianlah pembahasan mengenai tips meningkatkan rating di Tripadvisor ini. Semoga dapat bermanfaat!
